Rabu 06 Mei 2020, 16:15 WIB

Yuk, Biasakan Mencuci Tangan Biar Sehat

Fetry Wuryasti | Weekend
Yuk, Biasakan Mencuci Tangan Biar Sehat

Theo Rouby / AFP
Siswi di sebuah sekolah menengah di Noumea, New Caledonia, Prancis sedang mencuci tangan sebelum belajar

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan 5 Mei sebagai Hari Kebersihan Tangan Dunia. Tangan yang bersih diakui ampuh  menangkal banyak infeksi serius.

Tahun ini, seperti dikutip indianexspress.com, temanya adalah ‘Save Lives: Clean Your Hands’, bertujuan menjadikan kebersihan tangan sebagai prioritas global dengan mendorong perubahan perilaku.

Konsensus global menyebut mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran coronavirus dan banyak penyakit menular lainnya. Meskipun kebersihan tangan bukan konsep baru, aktivitas tersebut jadi teramat penting di saat krisis kesehatan saat ini.

Data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), sekitar 1,8 juta anak di bawah usia lima tahun secara global meninggal karena penyakit diare dan radang paru-paru setiap hari. Kebersihan tangan dan kesadaran yang baik di sekitarnya dapat membantu menurunkan angka ini.

Menyentuh wajah kita dengan tangan yang tidak bersih dapat memindahkan kuman ke kulit yang menyebabkan berjerawat, komedo. Pada orang dengan kulit sensitif, dapat menyebabkan kemerahan dan ruam.

Pandemi virus korona telah membawa masyarakat secara global kembali ke praktik dasar kebersihan, seperti menggunakan sabun dan air bersih untuk mencuci tangan secara menyeluruh atau menggosoknya dengan sanitiser berbasis alkohol dapat mengurangi paparan penyakit secara luar biasa.

Sanitiser tangan mungkin merupakan alternatif terdekat untuk mencuci tangan terutama ketika seseorang berada di luar dan tidak memiliki akses ke kamar mandi yang bersih. (M-4)

Baca Juga

Dok Netflix

Aspirasi Mantan First Lady

👤Fathurrozak 🕔Minggu 07 Juni 2020, 00:10 WIB
MICHELLE LaVaughn Robinson Obama barangkali ialah salah satu perempuan paling fenomenal di Amerika Serikat (AS) dewasa...
Antara//Arnas Padda

Hutan Bakau Diprediksi Lenyap Akibat Pemanasan Global

👤Bagus Pradana 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:55 WIB
Studi itu memprediksi pada 2050 nanti bumi akan kehilangan seluruh ekosistem hutan bakaunya akibat kenaikan permukaan laut sebagai dampak...
Martin BUREAU / AFP

Pasang Layar Hitam, Perusahaan Gim ini Dukung Gerakan Antirasial

👤Bagus Pradana 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:37 WIB
Layar hitam ini akan muncul setelah para pemain melakukan pembaruan sistem dari gim multipemain daring...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya