Rabu 06 Mei 2020, 11:26 WIB

Longgarkan Lockdown, Prancis Batasi Perjalanan Internasional

Nur Aivanni | Internasional
Longgarkan Lockdown, Prancis Batasi Perjalanan Internasional

AFP/Thomas SAMSON
Seorang petugas menyemprotkan disinfektan di dalam sebuah bus di Paris, Prancis.

 

PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron, Selasa (5/5), mengatakan warga Prancis harus menghabiskan liburan musim panas mereka di rumah karena perjalanan internasional dan perjalanan di Eropa mungkin harus dibatasi untuk mencegah gelombang baru pandemi covid-19.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah kita bisa berlibur. Yang bisa saya katakan adalah kita akan membatasi perjalanan internasional utama, bahkan selama liburan musim panas," kata Macron saat berkunjung ke sebuah sekolah di pinggiran kota Paris.

Ia pun memperingatkan pertempuran melawan virus korona belum berakhir.

Baca juga: Air France Wajibkan Penumpang Kenakan Masker

"Virus itu masih ada. Kami telah memperlambatnya. Kami akan membuka tahap baru. Jika kita semua bertanggung jawab secara kolektif, saya yakin kita akan berhasil," katanya.

Sebagai bagian dari strategi negara untuk mencabut kurungan akibat pandemi, pemerintah meluncurkan peta kode warna, menunjukkan bagian yang berwarna merah, oranye, atau hijau tergantung pada penyebaran virus dan tekanan pada unit perawatan intensif.

Menyusul evaluasi situasi kesehatan masing-masing daerah, pihak berwenang, berdasarkan peta, akan dengan cepat mencabut tindakan penguncian di bagian yang berwarna hijau sambil tetap menjaga kewaspadaan tinggi pada mereka yang berwarna merah.

"Biarkan ini menjadi sangat jelas. Kami tahu bagaimana virus itu bergerak dan sangat berbahaya. Bagi seseorang yang renta dan agak tua, bahkan di zona hijau, situasinya sangat berbahaya," kata Macron.

"Ketika kita diklasifikasikan dalam warna hijau, kita mengatakan pada diri kita sendiri semuanya kembali normal, itu salah. Seluruh negara terlibat bersama dalam tahap ini. Ini adalah kewaspadaan yang sama, semangat tanggung jawab yang sama," tambahnya. (Xinhua/OL-1)

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Kasus Covid-19 Turun, Moskow Longgarkan Lockdown

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
Setelah sembilan pekan di rumah, warga Moskow dapat kembali beraktivitas di luar. Namun, pemerintah setempat tetap memberlakukan sejumlah...
AFP

Dahsyat! Kasus Covid-19 di Iran Lampaui Angka 150.000

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:48 WIB
Juru bicara Kementerian Kianoush Jahanpour mengatakan 2.516 kasus baru dikonfirmasi di seluruh negeri dalam 24 jam terakhir, sehingga total...
AFP/Kazuhiro Nogi

Jepang Pertimbangkan Izin Masuk Bagi Warga Asing

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:11 WIB
Rencananya, warga asing yang diperbolehkan masuk berasal dari negara dengan kasus covid-19 rendah, yakni Thailand, Vietnam, Australia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya