Rabu 06 Mei 2020, 07:10 WIB

Bantuan Sentuh Semua Warga Terdampak

Dwi Apriani | Nusantara
Bantuan Sentuh Semua Warga Terdampak

MI/Dwi Apriani
Bupati Muba Dodi Reza Alex membagikan bantuan sembako kepada masyarakat Muba.

 

BANTUAN jaring pengaman sosial akibat pandemi virus korona baru (covid-19) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan, dipastikan bakal menyentuh seluruh masyarakat miskin di daerah itu. Jumlah penerimanya mencapai 101.149 keluarga.

Bantuan itu diperuntukkan bagi warga yang berada di luar data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang selama ini mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Jumlah bantuan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) rinciannya Rp200 ribu dari APBN melalui Kemensos dan Rp400 ribu dari APBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba.

Kemudian, juga ada bantuan bagi 40.266 keluarga dari dana desa sebesar Rp600 ribu per keluarga setiap bulan, dan bantuan diberikan selama tiga bulan, sedangkan bantuan dari cadangan APBD untuk 15 ribu keluarga. “Total ada 101.149 keluarga terdampak pandemi covid-19 di Muba yang akan menerima bantuan,” kata Bupati Muba Dodi Reza Alex, kemarin.

Sementara itu, Pemkab Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, menggelontorkan APBD untuk bantuan bagi mahasiswa. Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan, bantuan diberikan kepada setiap mahasiswa yang masih aktif kuliah sebesar Rp700 ribu per orang. Hingga kini tercatat ada 200 mahasiswa yang akan memperleh bantuan.

Bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 juga dilakukan Pemkab Sorong, Papua Barat. Bupati Sorong Johny Kamuru kembali mendistribusikan paket sembako dalam bentuk kartu keluarga sejahtera kepada keluarga.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kesulitan mendata warga desa yang berhak menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari realokasi dana desa atau BLT desa. Dari 1.856 desa di provinsi itu hingga kini baru 12 desa di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, yang siap digulirkan program BLT desa. (DW/YH/DY/UL/MS/N-1)

Baca Juga

ANTARA

Industri dan Pekerja Harus Terapkan New Normal di Tempat Kerja

👤Apul Iskandar 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:56 WIB
Labor Institute Indonesia atau Institute Kebijakan Alternatif Ketenagakerjaan Indonesia mengimbau para pelaku industri untuk...
MI/Gabriel Langga

Para Sopir Pengantar Ikan di Sikka Ancam Sandera Mobil BBM

👤Gabriel Langga 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:49 WIB
Kecewa dan diperlakukan tidak manusiawi oleh aparat, para sopir pengantar ikan mengancam akan menyandera mobil BBM dari Sikka ke...
MI/Supardji Rasban

Grup WA Brebes Bagi Masker Setelah Ditemukan Banyak Warga Abai

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:43 WIB
Pembagian masker sekaligus penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di persimpangan jalan utama kota Kecamatan Ketanggungan, arah menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya