Rabu 06 Mei 2020, 02:10 WIB

Pelanggar Aturan PSBB di Tasikmalaya akan Ditindak Tegas

Kristiadi | Nusantara
Pelanggar Aturan PSBB di Tasikmalaya akan Ditindak Tegas

MI/Kristiadi
Pembatasan di ruas jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Tasikmalaya akan menerapkan PSBB mulai Rabu (6/5).

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus mempersiapkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang akan mulai berlaku pada Rabu (6/5). Ratusan personel gabungan akan disiagakan untuk melakukan pengawalan pelaksanaan pembatasan sosial.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, serta Dinas Kesehatan akan disebar di 45 titik pos penjagaan di berbagai wilayah kecamatan.

"Kita ingin pelaksanaan PSBB berhasil dan ini sebagai tolok ukur keberhasilan PSBB adalah tak adanya penambahan kasus pasien positif Covid-19. Petugas di lapangan akan bertindak tegas jika masih ada masyarakat yang masih melanggar aturan tersebut," katanya, Selasa (5/5).

Budi mengatakan, pihaknya mencontohkan jika ada kerumunan lebih dari lima orang akan dibubarkan dan masyarakat diminta bersama-sama menumbuhkan kesadaran kolektif. Akan tetapi, penjagaan tersebut supaya kegiatan itu berjalan maksimal dan semua harus selalu mematuhi anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saya tahu, banyak yang akan terganggu dari PSBB yang dilakukannya, mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, agama dan lain terganggu. Tapi, kalau kita ingin mengakhiri wabah virus semua harus selalu patuh melakukan anjuran pemerintah agar jangan berkerumun, jaga jarak dan tetap harus memakai masker," ujarnya.

Berdasarkan data terakhir, terdapat 31 pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Dari jumlah tersebut, 11 pasien sembuh, 17 masih dalam perawatan, dan 3 meninggal dunia. Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 1.133, sembuh 869, pemantauan 264. Sedangkan untuk pasiej dalam pengawasan (PDP) tercatat 33 kasus. Dari jumlah tersebut 27 sembuh, 2 masih dalam pengawasan 2, dan 4 meninggal dunia.

"Saya meminta agar masyarakat harus tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu patuhi Protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing terkait pencegahan Covid-19 agar semua berakhirnya cepat berakhir," paparnya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA

Industri dan Pekerja Harus Terapkan New Normal di Tempat Kerja

👤Apul Iskandar 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:56 WIB
Labor Institute Indonesia atau Institute Kebijakan Alternatif Ketenagakerjaan Indonesia mengimbau para pelaku industri untuk...
MI/Gabriel Langga

Para Sopir Pengantar Ikan di Sikka Ancam Sandera Mobil BBM

👤Gabriel Langga 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:49 WIB
Kecewa dan diperlakukan tidak manusiawi oleh aparat, para sopir pengantar ikan mengancam akan menyandera mobil BBM dari Sikka ke...
MI/Supardji Rasban

Grup WA Brebes Bagi Masker Setelah Ditemukan Banyak Warga Abai

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:43 WIB
Pembagian masker sekaligus penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di persimpangan jalan utama kota Kecamatan Ketanggungan, arah menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya