Rabu 06 Mei 2020, 04:50 WIB

BPPT Siapkan Lab Berjalan untuk Tes Swab

Des/Fer/H-3 | Humaniora
BPPT Siapkan Lab Berjalan untuk Tes Swab

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Petugas mengambil sampel cairan dari hidung dan tenggorokan warga saat mengikuti swab tes di RS Pertamina Jaya, Jakarta, kemarin.

 

BADAN Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah mempercepat riset untuk mengembangkan alat kesehatan (alkes) yang digunakan dalam penanganan covid-19. Kemampuan tracking pasien juga ditingkatkan dengan mengoptimalkan pengadaan tes kepada masyarakat.

“Kita fokus pada penyelesai­an test kit, yaitu PCR dan test kit rapid serta diagnostic test kist dengan mobile laboratory yang memiliki bio safety level 2. Mobile laboratory sendiri nantinya dapat melaksanakan swab test dengan dilengkapi berbagai alkes yang dibutuhkan,” jelas Kepala BPPT Hammam Riza dalam rapat ga­bungan dengan DPR, kemarin.

Ia menambahkan bahwa BPPT melengkapi proses yang diperlukan dari penciptaan prototipe, sertifikasi, uji klinis, izin produksi, hingga izin edar agar dapat diproduksi industri dalam skala besar. Riza menyebut pihaknya menargetkan beberapa minggu ke depan akan ada 10 ribu prototipe test kit yang bisa segera disebarkan.

Secara terpisah, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin, mengatakan kunci keberhasilan mengendalikan covid-19 ialah komitmen seluruh elemen bangsa untuk disiplin dan patuh pada kebijakan penanganan yang dilakukan pemerintah.

“Kita bersama-sama harus bisa menjalankan ini kalau kita menginginkan pada bulan Juni, pada bulan Juli, kasus ini bisa dikendalikan,” tegas Yuri. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyebutkan per Selasa (5/4) pukul 12.00 WIB, terdapat penambahan pasien sembuh dari covid-19 sebanyak 243 orang sehingga total menjadi 2.197 orang, meninggal bertambah 8 orang menjadi 972, dan konfimasi positif covid-19 bertambah 484 orang menjadi 12.071 orang. (Des/Fer/H-3)

Baca Juga

Medcom.id

Sudah 63.029 Desa Terima BLT Dana Desa

👤Iam/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:10 WIB
Beberapa masalah terhambatnya penyaluran BLT dana desa, antara lain adanya kepala desa yang baru dilantik saat penyaluran BLT. Selain itu,...
MI/FERDINANDUS RABU

Mengunjungi Rumah-Rumah demi Minat Baca Anak

👤Ferdinandus Rabu/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:50 WIB
Upaya yang dilakukan dari rumah ke rumah itu bertujuan agar minat baca anak tetap terjaga di tengah pandemi covid-19 saat...
Antara

Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

👤Ifa/Pra/X-10 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:35 WIB
Hingga kemarin, sebanyak 6.057 pasien covid-19 dinyatakan sembuh. Angka itu meningkat sebanyak 180 orang dari hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya