Selasa 05 Mei 2020, 20:25 WIB

Universitas Gangwon Sumbang APD untuk FKUI

Mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Gangwon Sumbang APD untuk FKUI

Dok.kotra
Pusat Medis dan Rumah Sakit Universitas Nasional Gangwon menyumbang APD untuk FKUI.

 

SEBAGAI wujud kerja sama antaruniversitas, Pusat Medis dan Rumah Sakit Universitas Nasional Gangwon memasok alat pelindung diri (APD) untuk 150 tenaga medis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Bantuan APD itu berupa seperti hazmat, kacamata keamanan, dan perlindungan wajah.

Dalam acara penyerahan berlangsung pada Selasa (5/5) di gedung utama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, itu turut hadir Dr Anis Karuniawati, wakil dekan FKUI, Profesor Francis D Suyata dari Departemen Teknik Biomedis, Profesor Lee Hee-je dari Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon, Lee Ji-wan dari Komite Penasihat Perdamaian dan Unifikasi, dan Lee Jong-yoon, direktur KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency.

Baca juga: Lawan Covid-19, Indonesia Butuh 8 Juta APD

Universitas Nasional Gangwon dan Universitas Indonesia telah menandatangani perjanjian Kerjasama pada 2018 untuk melakukan berbagai kegiatan pertukaran, khususnya Universitas Nasional Gangwon, yang melakukan pertukaran medis antara Korea dan Indonesia. Mereka kerap mengutus profesor dari Fakultas Pascasarjana Kedokteran sebagai profesor penelitian untuk Fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

Menurut Direktur Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon, Cho Sung-joon kerja sama saat ini dirasa lebih penting mengingat kondisi pandemi covid-19 di banyak negara.

“Kami percaya bahwa masa-masa sulit akan berlalu di Indonesia seperti Korea, dan mari kita atasi krisis bersama melalui lebih banyak kerja sama dan gotong royong,” ujar Cho Sung-joon.

Sementara itu, Profesor Lee Hee-je, yang diutus dari Pusat Medis Universitas Nasional Gangwon menambahkan bahwa bantuan APD itu diharapkan berguna bagi tenaga medis Indonesia.

“Keselamatan personel medis sangat penting bagi penanganan covid-19.  Sebagai bukti kepedulian kami, kami akan menyediakan persediaan pelindung untuk keselamatan staf medis di Fakultas kedokteran Universitas Indonesia."

Berbeda dengan kegiatan CSR yang biasa dilakukan oleh perusahaan, dukungan ini sangat berarti karena Profesor Lee Hee-je, yang diutus sebagai profesor peneliti dari Universitas Nasional Gangwon ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, merasakan langsung berada di daerah terdampak covid-19 di Indonesia. Itu sebabnya ia bantuan itu bisa sedikit mengatasi kekurangan barang pelindung oleh pekerja medis Indonesia sedikit. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia Cenderung Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:50 WIB
Pasien sembuh dari covid-19 cenderung semakin mengalami peningkatan, hari ini tercatat, ada penambahan 551 orang, sehingga totalnya menjadi...
Mi/Ramdani

Pandemi Covid-19 Jadi Pelajaran untuk Jaga Keseimbangan Alam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:02 WIB
"Kansentrasi N02 secara global menurun hamplr 30%, stasiun pemantauan kualitas udara KLHK mencatat penurunan konsentrasi PM 2,5 yang...
Antara

LSI Paparkan 6 Rekomendasi Menuju New Normal

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:25 WIB
Pertama, meskipun PSBB dilonggarkan tetapi lokus atau wilayah dipersempit. Semula PSBB yang diterapkan di seluruh daerah diturunkan hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya