Selasa 05 Mei 2020, 22:05 WIB

Melestarikan Bahasa Daerah Lewat Media Sosial

Irvan Sihombing | Hiburan
Melestarikan Bahasa Daerah Lewat Media Sosial

Istimewa
CONTENT creator bernama Fiksi Aunurofik mengenalkan bahasa Sunda yang merupakan bahasa daerahnya.

 

CONTENT creator bernama Fiksi Aunurofik mengenalkan bahasa Sunda yang merupakan bahasa daerahnya. Ia mengemas konten berbahasa sunda dalam sketsa komedi. Pemuda asal Majalengka ini belajar secara autodidak dari YouTube.

Dalam pembuatan video, Fiksi memiliki banyak berperan mulai dari penulis naskah, sutradara, pemain, hingga editor video. Setiap video berisi sketsa tentang kejadian sehari-hari berdurasi maksimal 10 menit.

Baca juga:Beginilah Cara Prabowo Mengenang Didi Kempot

Lantaran konsisten membuat konten berbahasa Sunda sejak 2016, ia kini memiliki 938 ribu pengikut di akun YouTube miliknya. Sejauh ini untuk konten berbahasa sunda belum ada yang mencapai 1 juta lebih subscriber (pengikut).

"Sebentar lagi mungkin saya lah yang jadi pertama kalinya konten berbahasa Sunda dengan 1 juta subscriber," kata Fiksi dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Awalnya fiksi menilai konten berbahasa Sunda dengan kemasan kekinian jarang ditemukan. Ia pun terdorong untuk membuat video berbahasa Sunda dengan konsep kekinian agar bisa lebih dinikmati masyarakat sekaligus mengenalkan bahasa Sunda pada khalayak luar.

"Untuk ide video, saya mengambil garis besarnya kamus bahasa Sunda yang dikemas dengan berbagai macam konten yang menarik," lanjut dia.

Baca juga:Twilight dari Sudut Pandang Edward Cullen akan Dirilis Agustus

Dari kebanggaan melestarikan bahasa Sunda inilah, akhirnya ia mengangkat bahasa menjadi senjatanya. “Apalagi anak-anak zaman sekarang suka malu kalau berbicara dalam bahasa daerah,” tegas dia. (RO/A-3)

Baca Juga

Miguel MEDINA / AFP

Matthieu Blazy Bergabung Dengan Label Bottega Veeta

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 10:14 WIB
Sebelum Calvin Klein, Blazy bekerja untuk label mewah Celine di bawah Direktur Kreatif saat itu Phoebe Philo. Blazy juga pernah bekerja...
Dok Instagram

Inilah Perempuan yang Sangat Dipuja Young Lex

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 18:17 WIB
 Tak heran kedekatan Young Lex dengannya sangat terasa hingga beranjak dewasa seperti...
Dok MI

Jolene Marie Mulai Kurangi Produk Berbahan Plastik

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:44 WIB
Putri Indonesia Lingkungan 2019 Jolene Marie Cholok-Rotinsulu memilih melakukan advokasi lingkungan mengatasi sampah plastik dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya