Selasa 05 Mei 2020, 17:25 WIB

Pertumbuhan Anjlok, Airlangga: Kita Siapkan Exit Strategy

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pertumbuhan Anjlok, Airlangga: Kita Siapkan Exit Strategy

Sketsa.MI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Indonesia perlu untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di posisi yang positif meski pandemi covid-19 menhantam tiap lini perekonomian.

"Kita harus terus menjaga pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama 2020 tercatat masih positif yaitu 2,97%. Untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang 2020 dalam APBN-P 2020 juga sekitar 2,3%," kata Airlangga dari keterangan resmi yang diterima, Selasa (5/5).

"IMF pun sudah memproyeksikan bahwa Indonesia termasuk dalam tiga negara yang akan tetap bertumbuh positif setelah pandemi ini berakhir selain Tiongkok dan India," sambungnya.

Ia menambahkan, pandemi covid-19 memang memberi guncangan signifikan pada perekonomian. Belum lagi dampak yang dihasilkan seperti lockdwon di beberapa negara dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal tersebut dinilai mematikan sementara sebagian nadi ekonomi nasional. Namun berdasarkan asumsi ahli yang menyebutkan pandemi akan berakhir di Indonesia pada Mei 2020, pemerintah sudah mulai menyiapkan program strategi untuk pemulihan.

"Pemerintah sedang menyiapkan program exit strategy dari kondisi pandemi ini, agar masalah bencana di kesehatan tidak merambat ke sektor-sektor lainnya. Misalkan pabrik harus menjalankan protokol covid-19 jika ingin beroperasi, dan juga tetap menggunakan masker yang sedang disiapkan BNPB," tutup Airlangga.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 yang melambat. Pasalnya ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2,97%, jauh lebih rendah ketimbang kuartal I 2019 sebesar 5,07%. (OL-4)

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya