Selasa 05 Mei 2020, 16:50 WIB

PPDB SD dan SMP Kota Semarang Paling Akhir

Akhmad Safuan | Humaniora
PPDB SD dan SMP Kota Semarang Paling Akhir

MI/Akhmad Safuan
PPDB Kota Semarang, Jawa Tengah membuka pendaftaran paling akhir yakni 15 Juni 2020.

 

KOTA Semarang, Jawa Tengah paling lamban dalam pendaftaran penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Kendati di berbagai daerah di Jawa Tengah sudah membuka pendaftaran PPDB untuk tingkat SD hingga SLTP, hampir bersamaan daerah seperti Kendal, Demak, Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga memulai pendaftaran 2-6 Mei 2020 ini.

Di Kota Semarang, PPDB baru akan dimulai pada 15 Juni 2020 mendatang yang diperkirakan akan bersamaan dengan PPDB untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Semarang Sukaton mengatakan sesuai dengan kalender pendidikan, daerah ini telah mulai membuka pendadtaran PPDB untuk tingkat SLTP pada 4-6 Mai 2020. "Sast ini proses pendaftaran secara daring sedang berlangsung," ujarnya.

Seperti tahun lalu, lanjut Sukaton, pendaftaran untuk SMP Negeri di Kabupaten juga di daerah lain menggunakan tiga sistem yakni berdasarkan jalur zonasi sebesar 50%, jalur afirmasi sebesar 15% dan jalur kepindahan orang tua 5% serta sisanya 30% adalah jalur prestasi.

Pada PPDB tahun ini, demikian Sukaton, jumlah kursi SMP Negeri yang tersedia mencapai hampir 9.000 dan kelulusan SD diperkirakan mencapai 11 ribu kebih, sehingga sisa lulusan akan diperuntukan sekolah swasta yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Semarang Gunawan Saptagiri mengakui untuk pendaftaran PPDB tingkat SD dan SMP paling lamvat yakni baru akan berlangsung setelah pengumuman kelulusan 15 Juni 2020 mendatang.

"Kita mengikuti kalender kementerian pendidikan, jadi kita juga tidak salah meskipun paling akhir dibanding daerah lain di sekitar Kota Semarang," kata Gunawan Saptagiri.

Pengumuman kelulusan untuk tingkat SLTA, demikian Gunawan, baru dilakukan akhir April lalu, sedangkan pendaftaran PPDB SLTA juga pada pertengahan Juni mendatang, sehingga tidak akan ada permasalahan, apalagi sistem penerimasn siswa baru madih tetap sama sesuai zonasi. (OL-13)

 

Baca Juga

Dok.MI/Duta

Lima Fraksi Menolak, Pembahasan RUU Ketahanan Keluarga Dihentikan

👤Putra Ananda 🕔Selasa 24 November 2020, 16:23 WIB
Sebanyak 5 fraksi menyatakan tidak setuju pembahasan RUU KK dilanjutkan ke tingkat selanjutnya sebagai RUU inisiatif DPR. Ke-5 fraksi...
MI/CITRA LARASATI

Seleksi Guru PPPK untuk Tingkatkan Layanan pada Peserta Didik

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 15:15 WIB
Seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang...
Antara/Raisan Alfarisi

Hari Guru Nasional, Komed Gelar Lomba Cipta Pembelajaran Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 15:01 WIB
Dari total peserta terdaftar, dewan juri menyeleksi berkas tersebut menjadi 15 nomine. Peserta yang masuk nominasi melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya