Selasa 05 Mei 2020, 16:29 WIB

Mentan: Stok Beras Akan Kuat Hingga Lebaran

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Mentan: Stok Beras Akan Kuat Hingga Lebaran

MI/Lina Herlina
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) menjamin cadangan beras akan kuat hingga lebaran nanti, selain itu 11 komoditi pangan juga akan aman.

Adapun 11 komoditi yang dimaksud yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan cadangan yang dimiliki stok dari beras cukup aman, ditambah setelah adanya panen raya akan semakin kuat.

"Stok cadangan cukup kuat untuk beras terlebih panen raya yang dari Maret, April, hingga Mei, khusus untuk beras kita kuat," kata Syahrul dalam diskusi daring dengan judul 'Petani Di Antara Kelangsungan Usaha Gonjang-Ganjing Harga Pangan,' Selasa (5/5).

Selain itu, 3 komoditi yakni bawang putih, daging sapi dan daging kerbau telah tersubtitusi dengan impor sehingga pasokannya tetap terjaga.

"Hingga hari ini sudah masuk, minimal sudah memenuhi target minimal dari neraca pangan. Sehingga Insya Allah pasokan 11 komoditi tersedia cukup aman," ujar politisi Partai NasDem tersebut.

Namun, dirinya juga tak menutup kemungkinan adanya keterhambatan saat impor gula dari India yang mentapkan lockdown di negaranya.

"kemarin di lockdown di India menyulitkan impor gula, namun sekarang sudah diberi ruang," pungkasnya.

Diketahui, impor gula dari India sebesar 495 ribu ton nantiny untuk memenuhi kebutuhan masyrakat dalam menghadapi wabah covid serta menurunkan harga di pasaran. (OL-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

OJK Siapkan Protokol New Normal untuk Sektor Keuangan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:51 WIB
OJK akan mengoptimalkan peran teknologi dalam proses bisnis sektor keuangan, lantaran dinilai menghadirkan...
ANTARA FOTO/Rahmad

BI: Nilai Tukar Rupiah Masih Berpotensi Menguat Lagi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:26 WIB
Nilai tukar rupiah untuk saat ini pukul 15.43 berada di angka Rp13.998 per USD. Menurut Perry menguatnya nilai rupiah saat ini disebabkan...
Ist

Ditunjuk Jadi Bank Kustodian, BRI Siap Sukseskan Program Tapera

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:23 WIB
Tapera merupakan program pemerintah untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui penyelenggaraan tabungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya