Selasa 05 Mei 2020, 14:00 WIB

Jelang PSBB, Pemkot Tasikmalaya Salurkan Bansos

Adi Kristiadi | Nusantara
Jelang PSBB, Pemkot Tasikmalaya Salurkan Bansos

MI/Bary Fathahilah
Bansos dari Pemprov Jabar untuk warga Depok

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi penduduk berada di wilayahnya hingga mencapai 84 persen.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan bantuan dari pemerintah daerah, pusat, kementrian, dan provinsi Jabar sebelum diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah mencapai 85 persen. Namun, bantuan tersebut nantinya akan diberikan secara bertahap bagi yang belum menerima.

"Ada 323.000 kepala keluarga (KK) yang mendapat bantuan di Kota Tasikmalaya. Dinas Sosial membagi kepada 153.000 KK, Kemensos 59.000 KK, Bansos Provinsi Jabar 35.000 KK dan dari Pemkot 17.509 KK. Jadi, dipastikan tidak ada yang ganda," kata Budi, Selasa (5/5).

Namun, imbuh Budi, untuk pekan depan warga akan menerima bantuan bentuk uang tunai.

Baca juga: Sekda Jatim Sebut tidak Ada Penarikan Produk Sampoerna

"Proses pelaksanaannya akan memakai jasa pos lagi. Selanjutnya akan dibagikan langsung oleh para ketua RT dan RW yang didampingi aparat gabungan polisi dan TNI di tiap wilayah. Kita akan menyalurkan dalam bentuk uang tunai. Jadi, tidak akan pakai paket sembako lagi.  Pembagiannya itu langsung oleh RT dan RW langsung ke warga," ujarnya.

Budi mengungkapkan pemberian bantuan sosial bagi 84 persen warganya sesuai jumlah penduduk. Dia berharap warganya menaati peraturan dan imbauan pemerintah selama masa PSBB supaya Kota Tasikmalaya bisa mengendalikan penyebaran covid-19 dan akan cepat melewatinya.

"Kota Tasikmalaya sudah berhasil beberapa hari menekan angka penyebaran covid-19 dan angka orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), sehingga kesembuhan terus bertambah," ujar Budi.

Menurutnya, ada 1.133 ODP, sembuh 869 orang, dan masih dalam pemantauan 264 orang. Lalu, PDP tercatat 33 orang, sembuh 27 orang, pengawasan 2 dan meninggal 4 pasien.  

"Hingga kini terkonfirmasi positif tercatat 33, sembuh 11, perawatan 17, dan meninggal dunia 3 orang," pungkasnya.

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Polda Bali Bantu Sembako Untuk Para Pekerja Pariwisata

👤Arnoldus Dhae 🕔Kamis 28 Mei 2020, 09:15 WIB
Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose turun langsung ke Buleleng Bali menemui para pekerja pariwisata yang kesulitan karena...
AFP/Olivier DOULIERY

Prajurit TNI dan Keluarga Harus Bijak Bermedia Sosial

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 28 Mei 2020, 09:06 WIB
Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto saat memberikan arahan kepada Prajurit, PNS dan Anggota Persit serta keluarga...
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN

Temanggung Akan Kucurkan Bantuan Rp4,9 Miliar Untuk 6000 UMKM

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:54 WIB
Bantuan  anggaran dari Pemkab Temanggung hanya akan diberikan pada pelaku usaha kecil dan usaha mikro yang usahanya goyah akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya