Selasa 05 Mei 2020, 13:56 WIB

Warga Isi Bulan Ramadan Lewat Donasi dan Membuat Industri Rumahan

Irvan Sihombing | Megapolitan
Warga Isi Bulan Ramadan Lewat Donasi dan Membuat Industri Rumahan

Istimewa
Warga tetap menerapkan protokol kesehatan selama ramadan demi memutus rantai penyebaran covid-19.

 

IBADAH Puasa Ramadan 1441 H yang memasuki pekan ke-2 semakin khusyuk dijalankan mereka yang wajib. Warga RT 008/RW 04 Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, mengisi beragam rupa kegiatan mulai donasi hingga menghadirkan industri rumahan.
 
“Alhamdulillah semuanya lancar. Pembagian sembako berjalan normal. Sebab, aliran donasi sembako hingga saat ini masih terus berjalan. Distribusinya juga lancar,” ungkap Ketua RT.008/RW.04 Balekambang, Zainal Abidin dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Baca juga: Sedekah Plus Edukasi Physical Distancing Lewat Pembagian Takjil
 
Memiliki 125-an Kepala Keluarga (KK), RT 008/RW 04 Balekambang memiliki stok beras hasil donasi warga hingga setengah ton. Dana sumbangan warga terkumpul Rp 5 juta. Semua donasi didistribusikan dan dicatat detail lalu diinformasikan secara terbuka kepada warga.
 
“Warga menjalankan petunjuk program 10 Rumah Aman dengan sungguh-sungguh. Besarnya stok beras dan cadangan anggaran tersebut tentu sangat menggembirakan. Kami sangat berterima kasih kepada mereka yang sudah beramal dan berbagi dengan sesamanya di sini,” terang Zainal.
 
Warga kampung ini juga mengembangkan produk pendamping bantuan sembako. Sambel pecel dan madumongso dipilih sebagai lauk dan takjil berbuka puasa. Menurut Zainal, pemilihan alternatif takjil tadi juga dimaksudkan untuk menghidupkan UKM.

“Selama bulan puasa, sudah kami distribusikan dua kali. Alhamdulillah, semua warga senang,” lanjutnya.

Serupa warga Zainal, warga RT 014/RW 02 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, kondisinya juga relatif sejuk. Ketua RT.014/RW.02 Bendungan Hilir, Rani Eddy memaparkan, distribusi bantuan sembako warga masih terus berjalan di lingkungannya.
 
“Warga sekarang jauh lebih tenang menghadapi pandemi. Puasa juga dijalankan dengan khusyuk. Bantuan sembako warga tetap berjalan, meski semuanya serba terbatas. Yang jelas, semuanya kami kelola dengan baik bersama program 10 Rumah Aman,” papar Rani.
 
Warga Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, juga terus mengembangkan jiwa kebersamaan. Wilayah ini sempat mengumpulkan 42 juta rupiah bantuan untuk sembako warganya pada awal menjalankan program 10 Rumah Aman.
 
“Warga terus bahu membahu menjalankan protokol kesehatan. PSBB juga berjalan dengan tertib. Saat Ramadan tiba, warga kami bisa fokus menjalankan ibadah puasa,” tegas Lurah Serua Dion Wijaya.

Baca juga: Panggung Virtual bagi Musisi Jalanan
 
Kepala Staf Presiden Moeldoko menerangkan, warga harus mendapatkan jaminan ekonomi agar situasi lingkungan tetap sejuk. Dengan begitu, penerapan beragam cara untuk memutus mata rantai pandemi tetap efektif.
 
“Kata kuncinya adalah masyarakat mau terus bergotong royong melawan pandemi ini. Semua elemen masyarakat harus terlibat aktif di dalamnya. Kami ucapkan terima kasih atas kepedulian dan kerja sama warga yang luar biasa. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadan,” tutup Moeldoko. (RO/A-3)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengurusan SIKM Jakarta Dikeluhkan Masyarakat

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:30 WIB
KEPALA Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra tidak menampik banyaknya...
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

Pengusaha Mal Berjanji Terapkan Jaga Jarak Fisik

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:15 WIB
KETUA Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengungkapkan pengelola pusat belanja dan retailer telah...
Putri Yuliani

Ibu Kota belum Siap Hadapi Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:05 WIB
SEMANGAT normal baru (new normal) yang demikian kuat berembus semakin menekan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar ikut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya