Selasa 05 Mei 2020, 08:05 WIB

Suriah: Jet Israel Serang Pos-pos Militer Dekat Aleppo

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Suriah: Jet Israel Serang Pos-pos Militer Dekat Aleppo

AFP/SANA
Serangan udara Israel terhadap wilayah Suriah

 

PERTAHANAN udara Suriah menggagalkan serangan rudal Israel terhadap pusat penelitian dan pangkalan militer di provinsi utara Aleppo, kata media, Senin (4/5). Itu merupakan serangan kelima dalam dua minggu terhadap dugaan target Iran.

Tentara Suriah mengatakan dalam sebuah pernyataan Israel menyerang barak militer di al Safirah di pedesaan Aleppo timur.

Sebelumnya, televisi pemerintah mengatakan pusat penelitian menjadi sasaran. Tentara mengatakan sekarang sedang menilai kerusakan yang disebabkan.

Baca juga: Tentara Legiun Asing Prancis Tewas dalam Pertempuran di Mali

Sumber intelijen regional mengatakan Israel meningkatkan serangan di Suriah pada saat perhatian dunia dan kawasan itu, termasuk Suriah, terganggu oleh pandemi virus korona.

Seorang juru bicara militer Israel menolak mengomentari laporan itu.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan milisi yang didukung Iran telah lama bercokol di Provinsi Aleppo. Mereka memiliki pangkalan dan pusat komando dan menginstalasi senjata canggih.

Scientific Studies and Research Center adalah salah satu dari beberapa fasilitas yang dicurigai sumber intelijen dan oposisi Barat bekerja mengembangkan senjata kimia.

Mereka menuding senjata-senjata kimia yang diproduksi telah digunakan Suriah terhadap warga sipil di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Damaskus dan sekutunya Moskow menyangkal mereka telah menggunakan senjata kimia yang telah menewaskan ratusan warga sipil dalam konflik sembilan tahun.

Israel sebelumnya telah menyerang beberapa fasilitas penelitian militer yang diyakini sebagai pusat senjata kimia dan biologi.

Helikopter Israel menembakkan beberapa roket dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel terhadap sasaran di dalam wilayah Suriah selatan yang dikenal sebagai pangkalan milisi Hizbullah Libanon, kata sumber-sumber intelijen dan Suriah.

Ledakan-ledakan besar di depot amunisi dekat Kota Homs pada hari yang sama juga diyakini berasal dari serangan Israel, kata seorang pengamat perang dan sumber-sumber intelijen.

Israel mengakui, dalam beberapa tahun terakhir, telah melakukan banyak serangan di dalam wilayah Suriah sejak dimulainya perang saudara pada 201. Israel melihat kehadiran Iran yang meningkat di wilayah itu sebagai ancaman strategis.

Sumber-sumber intelijen regional mengatakan serangan Israel yang meningkat terhadap Suriah disetujui oleh Washington dan bagian dari kebijakan anti-Iran dalam dua tahun terakhir.

Menteri pertahanan Israel Naftali Bennett mengatakan kepada media pekan lalu Israel akan meningkatkan kampanyenya melawan Iran di Suriah. (France24/OL-1)

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Hampir Setengah Juta Orang Terpapar Covid-19 di Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:34 WIB
Korban tewas meningkat 182 menjadi 5.037. Sementara itu, ada 186.985 orang telah pulih, termasuk 11.108 selama 24 jam terakhir, menurut...
AFP/MARTY MELVIL

Pekan Depan, Selandia Baru Akan Hapus Semua Pembatasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:50 WIB
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa semua pembatasan yang tersisa dalam upaya membatasi penyebaran virus covid-19...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Ratusan Pengunjuk Rasa Ditahan Terkait Demonstrasi George Floyd

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:35 WIB
Aksi protes berlanjut di ibu kota Amerika Serikat untuk hari keempat, Senin (1/6), atas kematian George Floyd. Para demonstran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya