Selasa 05 Mei 2020, 08:15 WIB

Covid-19 Buka Peluang Baru

(Dro/Ant/S-2) | Ekonomi
Covid-19 Buka Peluang Baru

MI/AGUNG WIBOWO
Warga melihat properti dari gawai di Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu. Pendekatan masif melalui medsos dan pemasaran properti

 

CEO PropNex Indonesia Luckyanto meyakini kondisi properti saat ini justru akan membuka peluang baru seperti yang terjadi saat krisis pada 2008.

"Bedanya krisis lalu (2008) tidak ada covid-19. Tapi dulu media sosial belum happening, sedangkan pada 2020 meski ada covid-19, ada medsos yang membuat kita tetap booming," tutur Luckyanto dalam diskusi virtual di Jakarta, pekan lalu.

Ia mencontohkan kondisi kantornya di Singapura. Meski telah menutup fisiknya sejak Februari, saat pihaknya membuka kembali kantor selama dua pekan pada Maret justru banyak transaksi properti terjadi. Bahkan, ada transaksi agen yang bernilai hingga puluhan juta dolar. "Banyak yang bilang ini saatnya menunggu, tapi justru membeli itu langkah smart.

Seperti 2008-2010, yang beli properti (saat krisis) itu justru lebih untung," tuturnya. Senada dengan itu, Direktur Komersial Lamudi Yoga Priyautama juga membenarkan masih banyak orang yang mencari hunian di tengah pandemi covid-19. Hal itu dapat terlihat dari traffic lamannya yang meningkat sejak akhir Maret. "Yang menarik dari traffic website kami sempat drop sepanjang 15-21 Maret 2020 hingga 19%, seminggu kemudian (22-28 Maret) drop lagi meski hanya 7%, tapi di minggu ketiga sudah naik lagi 14%. Kemudian, di minggu sekarang bahkan sudah di 20%-an," ungkap Yoga, Kamis (30/4).

Lamudi meyakini setelah pandemi selesai tentu pasar properti akan kembali bergairah seperti yang terjadi di Hong Kong pada 2003 saat pandemi SARS. Untuk itu, penting bagi agen properti untuk tetap berkomunikasi secara intens dengan calon konsumen. Menurut Yoga, pendekatan masif melalui medsos dapat menjadi pilihan. Mengingat saat ini waktu penggunaan ponsel sedang tinggi dan berpengaruh kepada kampanye di medsos. "Artinya sekarang waktu kita menanam relationship kita dengan calon konsumen dan kita akan menuainya bila saat pandemi ini selesai," pungkasnya. (Dro/Ant/S-2)

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya