Selasa 05 Mei 2020, 09:30 WIB

Pemerintah Spanyol Minta Parlemen Perpanjang Lockdown

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pemerintah Spanyol Minta Parlemen Perpanjang Lockdown

AFP/CESAR MANSO
Warga mendapatkan pelayanan di sebuah salon di Burgos, Spanyol. Spanyol mulai melonggarkan aturan lockdown covid-19.

 

PEMERINTAH koalisi Spanyol, Senin (4/5), memperingatkan kelompok oposisi bahwa akan terjadi kekacauan dalam sistem kesehatan dan ekonomi jika permintaan lockdown untuk menekan penyebaran covid-19 tidak disetujui.

Di tengah kritik terkait penangangan pandemi covid-19, pemerintah Spanyol pimpinan Perdana Menteri Pedro Sanchez, Rabu (6/5), akan meminta persetujuan parlemen untuk perpanjangan lockdown selama dua pekan.

Lockdown di Spanyol, yang telah diperpanjang dua kali, akan berakhir pada 9 Mei saat 'Negeri Matador' itu mencari cara mengatasi pademi yang telah menewaskan lebih dari 25 ribu jiwa.

Baca juga: Uni Eropa Galang Dana 7,4 Miliar Euro untuk Perangi Covid-19

Namun, kali ini, patai oposisi utama, Partai Populer, menegaskan akan menolak permintaan perpanjangan lockdown, saat Spanyol mulai secara perlahan mencabut pembatasan yang telah menyebabkan 47 juta orang tidak ke luar rumah selama 50 hari terakhir.

"Kita tidak bisa mendukung perpanjangan lockdown," ujar Ketua Partai Populer Pablo Casado setelah berbicara via telepon dengan Sanchez.

"Ketika perdana menteri mengatakan Spanyol berada dalam fase deeskalasi, rasanya tidak tepat untuk melanjutkan kebijakan yang melanggar hak dan kebebasan warga Spanyol," imbuhnya.

Namun, Menteri Transportasi Spanyol Jose Luis Abalos memperingatkan hal itu berisiko tinggi karena akan menyebabkan kekacauan di sistem kesehatan dan ekonomi dan melemahkan pertahanan menghadapi covid-19. (AFP/OL-1)

Baca Juga

MI/ZUBAEDAH HANUM i

Mumbai Sepi, Warga Berlindung Sebelum Badai

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:49 WIB
Kota Mumbai akan menghadapi badai topan dan otoritas setempat pada Selasa malam bekerja sampai larut mengevakuasi ribuan orang dari area...
AFP PHOTO / ABBAS MOMANI

Jalur Gaza Gembira Masjid dan PAUD Kembali Dibuka

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:39 WIB
MASJID-masjid kembali dibuka bagi para jamaah dan anak-anak kembali ke bangku pendidikan anak usia dini (PAUD)  pada Rabu (3/6)...
AFP/MARTY MELVILLE

Lawan Kemiskinan Selandia Baru Sediakan Pembalut Gratis

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 23:31 WIB
Kebijakan terkini untuk melawan kemiskinan terkait menstruasi yang dikenal dengan istilah period poverty itu akan dimulai Juli mendatang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya