Selasa 05 Mei 2020, 02:25 WIB

Tiba di Bali, 159 PMI Jalani Test Swab

Arnoldus Dhae | Nusantara
Tiba di Bali, 159 PMI Jalani Test Swab

ANTARA/Fikri Yusuf
Ilustrasi

 

159 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Bali menggunakan  kapal Quantum Of The Seas langsung menjalani pemeriksaan tes swab. Tes dilakukan Senin (4/5) di atas kapal sebelum ratusan PMI tersebut turun di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Pengambilan sampel swab dilakukan Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang hadir pada kesempatan ini mengatakan bahwa setelah menurunkan PMI di Bali, Quantum Of The Seas selanjutnya menuju Jakarta.

Tokoh Puri Ubud ini berharap agar hasil dari test swab semuanya negatif agar mereka ini bisa langsung kembali ke rumah masing-masing.

"Tentu kita berharap agar hasil test mereka negatif agar bisa kembali ke rumah masing-masing. Sembari menunggu hasil test, mereka akan diinapkan di hotel," ungkap Cok Ace didampingi Kepala BPBD Provinsi Bali Made Rentin serta Kadis Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang juga Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan jika keputusan diturunkannya PMI di Bali (Pelabuhan Benoa) merupakan kebijakan yang diambil oleh Gugus Tugas Nasional.

"Sesuai keputusan dan perintah Gugus Tugas Nasional, maka mereka harus diterima dengan baik di Bali karena ini satu penugasan dan juga kita ditugaskan untuk mengambil SWAB kepada PMI ini dilanjutkan dengan uji PCR yang akan kita lakukan nanti di Laboratorium yang kita kelola," jelas Dewa Indra.

Setelah menjalani test SWAB diatas kapal, seluruh PMI yang terdiri dari 120 orang asal Bali, 27 orang asal Jawa Timur dan 12 orang berasal dari NTB ini selanjutnya diinapkan di Inna Beach Kuta sembari menunggu hasil lab PCR nya.

"Sambil menunggu hasil dari uji PCR ini, maka keseluruh PMI ini akan diinapkan di hotel. Jika hasilnya negatif, tentu akan diizinkan pulang. Jika hasilnya positif, maka harus dilanjutkan dengan perawatan," terangnya. (R-1)

 

Baca Juga

DOK MI

Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB
Hingga Jumat (5/6) jumlah kasus positif virus korona di Kalsel mencapai 1.142...
MI/Palce Amalo

Puluhan Penumpang KM SMS Value Jalani Pemeriksaan Ketat

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:00 WIB
KM SMS Value berlayar ke Kupang setelah larangan kapal angkut penumpang yang dikeluarkan Dinas Perhubungan NTT sejak 14 April, berakhir 31...
DOK. MI

Pemprov Sulsel Terus Upayakan Tekan Penyebaran Covid-19

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 03:05 WIB
Pemprov Sulsel terus menggalakan tes polymerase chain reaction (PCR)  dan rapid test, agar bisa cepat menemukan orang-orang yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya