Selasa 05 Mei 2020, 00:30 WIB

Pemprov Babel Wajibkan Suket Bebas Covid-19 untuk Penerbangan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Pemprov Babel Wajibkan Suket Bebas Covid-19 untuk Penerbangan

ANTARA/Anindira Kintara
Suasana terminal kedatangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (30/3).

 

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan memperketat pengawasan penerbangan khusus yang masuk ke Babel dengan meminta penumpang menunjukkan surat keterangan (suket) bebas Covid-19.

Selain itu, pemberlakukan pembatasan penerbangan satu hari satu penerbangan bergantian antara maskapai penerbangan tetap dilaksanakan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara HAS Hanandjoedin Belitung.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, KA.Tajuddin mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah ada penerbangan yang sudah mendapatkan izin tersebut.

"Sampai hari ini kami belum mendapat konfirmasi dari pihak maskapai yang menerbangi langit Bangka Belitung apakah sudah ada yang dapat izin khusus dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk mengangkut penumpang,"kata Tajuddin, Senin (4/5)

Dia menjelaskan ketentuan didalam Peraturan Menteri Nomer 25 tahun 2020 menjelaskan ada pengecualian maskapai dapat mengangkut penumpang dengan izin dari Dirjen Perhubungan Udara. "Tetapi penumpang yang bisa diangkut juga terbatas hanya untuk kepentingan kedinasan baik pegawai pemerintahan maupun swasta dengan kewajiban memiliki surat tugas dari atasannya,"lanjutnya.

Selain itu, kata Tajuddin penumpang, dalam penerbangan khusus kali ini juga harus memiliki surat keterangan (suket) bebas dari Covid-19 dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang kredibel berasal dari kantor pelayanan kesehatan pelabuhan dimana penumpang tersebut berdomisili.

"Surat keterangan bebas Covid-19 tersebut harus berdasarkan rapid test, jadi bukan surat keterangan yang biasa. Itu berlaku bukan hanya untuk penumpang pesawat udara yang akan ke Bangka Belitung tetapi juga penumpang yang akan berangkat dari Bangka Belitung," tegasnya.

Tajuddin menambahkan, perlu juga dimaklumi untuk pemberlakuan pembatasan penerbangan di daerah, Gubernur selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkewenangan juga mengatur hal-hal yang dipandang perlu untuk percepatan pencegahan Covid-19. (R-1)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Ganjar Perintahkan Kepala Daerah Tutup Semua Pasar

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku kecolongan dengan banyaknya kasus covid-19 ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jawa...
MI/ BARY FATHAHILAH

Polda Jabar Minta Maaf Terkait Insiden Polisi Ngamuk

👤Antara 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:03 WIB
Polda Jabar tidak menoleransi perbuatan Bripka HI yang arogan tersebut karena tidak memberikan contoh yang baik kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya