Senin 04 Mei 2020, 22:05 WIB

Jokowi Ajak Negara Anggota GNB Bekerja Sama Perangi Covid-19

Andhika Prasetyo | Internasional
Jokowi Ajak Negara Anggota GNB Bekerja Sama Perangi Covid-19

Dok. Kris-Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Gerakan Non-Blok secara virtual,Senin (4/5) malam

 

PRESIDEN Joko Widodo, Senin (4/5) malam, mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) khusus yang dihelat untuk membahas penanganan covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan negara Gerakan (GNB) untuk bersatu melawan pandemi yang melanda dunia saat ini.

Meskipun sudah mengalami tren penurunan di beberapa negara, menurut presiden, bencana penyakit itu masih jauh dari usai. Oleh sebab itu ia mengajak negara-negara GNB untuk bergerak cepat, cermat dan strategis.

"Kita harus memperkuat solidaritas politik. Hanya dengan bekerja sama, kita dapat memenangkan peperangan ini,” ujar Jokowi.

Setelah solidaritas politik semakin kuat, seluruh negara anggota GNB harus mengubah itu menjadi kerja sama yang konkret.

Baca juga : Pakar Sebut Lockdown di Tiongkok Berhasil Cegah Penyebaran Korona

"Kita harus berjuang untuk mendapatkan akses yang berkeadilan dan tepat waktu terhadap obat-obatan dan vaksin covid-19 degan harga yang terjangkau,” sambung dia.

Lebih lanjut, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan agar rezim paten dan hak kekayaan intelektual terkait obat dan vaksin dapat diterapkan secara fleksibel demi kemanusiaan.

Seluruh negara anggota GNB juga harus mulai menyiapkan strategi pemulihan pascacovid-19.

Dibutuhkan komitmen bersama untuk memperjuangkan pembangunan kemanusiaan, keringanan utang karena seluruh sumber daya telah dicurahkan sepenuhnya untuk memerangi penyakit menular mematikan tersebut.

"Komitmem G-20 untuk penangguhan pembayaran utang bagi negara berpendapatan rendah perlu diimplementasikan," tuturnya.

Di akhir sambutannya, presiden kembali menegaskan bahwa multilateralisme harus tetap menjadi landasan kerja sama internasional.

Baca juga : Singapura Bersiap Hadapi Situasi Kenormalan Baru Akibat Pandemi

“Ke depan, negara berkembang harus berjuang untuk memperbaiki tata kelola kesehatan global agar kita lebih siap menanganani pandemi yang mungkin saja terjadi lagi,” ucap Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Di dalam KTT yang diselenggarakan di Baku, Azerbaijan itu, hadir pula Presiden Azerbaijan selaku Ketua GNB Ilham Aliyev, Presiden Sidang Umum PBB ke-74 Tijjani Muhammed Bande, Dirjen WHO Tedros Adhanom, Ketua Komisi Uni Afrika Mousa Faki Mahamat, Presiden Afghanistan Ashraf Gani, Presiden Algeria Abdelmadjid Tebboune, Presiden Kuba Miguel Diaz Canel, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Mauritius Mohamed Ould Ghazouani dannPresiden Nicaragua Daniel Ortega.

Selain itu, juga hadir Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, Presiden Pakistan Arif Alvi, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, Kepala Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah Abdelrahman Burhan, Presiden Togo Faure Essozimna Gnassingbe, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedow, Presiden Venezuela Nicolas Maduro, Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa, dan Wakil Presiden Namibia Nangolo Mbumba.

Adapun, kepala pemerintahan yang hadir yaitu Perdana Menteri Belarusia Syarhey Rumas, Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Malaysia Muhyidin Yassin, Perdana Menteri Nepal Khadga Prasad Sharma Oil, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan Wakil Perdana Menteri Bahrain Mohammed bin Mubarak Al Khalifa. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Aksi Unjuk Rasa Atas Kematian Flyod Marak, Gedung Putih Ditutup

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:47 WIB
Pada pagi Jumat (30/5) waktu setempat atau hari ini (31/5) waktu Indonesia, para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih yang menjadi...
AFP/CARL DE SOUZA

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:44 WIB
Brasil berada di urutan kedua dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi, meskipun masih berada jauh di belakang Amerika Serikat (AS) yang...
AFP/Brendan Smialowski

Disney World dan Taman Hiburan di Florida akan Dibuka Kembali

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:17 WIB
Orlando yang terletak di Florida, AS, adalah rumah bagi sebagian besar taman hiburan di negara bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya