Senin 04 Mei 2020, 16:05 WIB

Realokasi Anggaran Tak Jelas, DPR Tunda Rapat dengan Nadiem

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Realokasi Anggaran Tak Jelas, DPR Tunda Rapat dengan Nadiem

MI/AGUS MULYAWAN
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim

 

KOMISI X DPR RI menunda rapat kerja secara virtual dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Rapat yang seharusnya membahas tentang realokasi anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk penanganan virus korona (covid-19) ditunda karena laporan tidak dijelaskan secara rinci oleh Nadiem.

"Membaca laporan dari Kemendikbud terkait realokasi anggaran dalam beberapa halaman ini menurut kami sangatlah tidak sesuai. Sebaiknya kita tunda dulu pembahasan realokasi karena masih banyak hal-hal yang belum bisa kita lihat, masih terlalu makro, terlalu global," kata Wakil Ketua Komisi X Fraksi Demokrat Dede Yusuf dalam raker virtual dengan Kemendikbud, Senin (4/5).

Senada, anggota Komisi X Fraksi PKS Ledia Hanifa juga setuju rapat ditunda karena paparan yang disiapkan Kemendikbud tidak menjelaskan secara detail perubahan apa saja yang telah terjadi pada anggaran Kemendikbud selama pandemi covid-19 ini berlangsung.

“Perubahan-perubahan itu perlu diketahui oleh komisi X untuk meyakinkan bahwa apa yang sudah direncanakan itu mengalami pergeseran atau mengalami perubahan atau mengalami perubahan target dan sebagainya. Itu tidak bisa disampaikan secara umum saja, ada bagian-bagian yang mungkin bisa jadi karenanya menjadi satu hal yang sangat penting disampaikan secara detail, karena kalau tidak akan menimbulkan lebih banyak lagi pertanyaan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Komisi X Fraksi PAN Dewi Coryati berharap, dalam pertemuan selanjutnya pihak Kemendikbud bisa menyajikan materi yang sesuai dengan agenda yang akan dibahas.

“Ini menjadi tugas kami sebagai fungsi pengawasan dan fungsi anggaran akan bisa mengetahuinya dengan baik dan detil. Dan dengan rincian kami bisa mengesahkannya juga dengan baik. Pada rapat yang akan datang kami sangat berharap bahwa bahan rapat bisa disesuaikan dengan undangan, jangan kemudian tidak sesuai, sehingga apa yang ingin kita lakukan pada hari ini tidak tercapai. Ini akan membuat membuang-buang waktu padahal ini kami sudah sangat menunggu untuk bisa membahas dengan Kemendikbud,” tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

AFP

Bryce Howard Lulus Kuliah setelah 21 Tahun

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 04:05 WIB
AKTRIS Bryce Dallas Howard, 39, akhirnya resmi menjadi alumni dari New York University...
Dok. Instagram

Baim Wong Lebaran Pertama dengan Buah Hati

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 03:45 WIB
MOMEN Lebaran tahun ini menjadi istimewa bagi aktor Baim Wong, 39, bersama istrinya, aktris Paula Verhoeven, dengan hadirnya...
MI/Ramdani

Sri Mulyani Maraton Halalbihalal Virtual

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 27 Mei 2020, 03:15 WIB
PANDEMI covid-19 turut memengaruhi tradisi halalbihalal masyarakat pada Idul Fitri kali ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya