Senin 04 Mei 2020, 13:15 WIB

​​​​​​​Daya Beli Turun, Mendag Minta Pasar Rakyat Beroperasi

Hilda Julaika | Ekonomi
​​​​​​​Daya Beli Turun, Mendag Minta Pasar Rakyat Beroperasi

MI/Djoko Sardjono
Situasi perdagangan di Pasar Gede Klaten, Minggu (3/5).

 

MENTERI Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengataakan dampak dari penyebaran virus korona (covid-19) sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat yang menurun. Para pedagang pasar rakyat dan ritel pun ikut melemah transaksinya. 

Meski begitu, Agus meminta pasar rakyat untuk tetap dibuka agar kebutuhan masyarakat tetap terjaga dan tidak semakin melemahkan ekonomi rakyat kecil.

“Pasar rakyat diharapkan tetap beroperasi dengan mengedepankan kebersihan pasar, pedagang dan pembeli, menerapkan physical distancing, serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, agar dapat mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi yang Media Indonesia terima, Senin (4/5).

Lebih lanjut pihaknya menegaskan, kepada Ketua Asosiasi pemerintah Kota seluruh Indonesia dan Ketua Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia agar masing-masing pemerintah provinsi, kabupaten, kota serta desa tetap mengizinkan Pasar Rakyat buka dan berjualan. 

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Pangan dengan Berkebun di Rumah

Dengan mematuhi protokol keselamatan yang ditetapkan pemerintah dalam antisipasi penyebaran covid-19, tujuan utama pembukaan pasar ialah memenuhi ketersediaan barang pokok dan penting bagi masyarakat dengan harga yang stabil.

Dikatakan, Kemendag mendorong pemerintah daerah untuk dapat melakukan inovasi di masa pandemi ini dalam operasional Pasar Rakyat. Seperti mengatur jam buka dan jumlah pedagang secara bergiliran, menggunakan sistem pesan antar barang melalui media sosial, seperti whatsapp, facebook, IG, sebagaimana telah dilakukan pengelola pasar di DKI Jakarta, Purbalingga, Palembang, Pontianak, Balikpapan, Denpasar.

"Bekerja sama dengan aplikasi tranportasi online, seperti Go-Jek dan Grab. Membuka pasar dengan menutup ruas jalan serta mengatur jarak pedagang sesuai protokol covid-19, seperti contoh yang dilakukan pemerintah daerah kota Salatiga," pungkasnya. (A-2)

 

Baca Juga

MI/ADAM DWI

New Normal Harus Utamakan Sektor Produktif

👤Hld/E-3 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:51 WIB
Sentimen pasar ini bisa menjadi modal yang baik untuk peningkatan kegiatan...
Ist/Kementan

Serahkan 100 Ribu Bibit Pala, Mentan SYL: Kita Kuasai Pasar Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:34 WIB
Salah satu teknologi perkebunan yang telah dihasilkan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri) adalah pala varietas...
MI/Andri Widiyanto

Kadin Optimistis Normal Baru Bakal Tingkatkan Kegiatan Ekonomi

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:30 WIB
Dalam beberapa pekan pertama new normal, peningkatan ekonomi diprediksi akan pulih secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya