Senin 04 Mei 2020, 12:34 WIB

Presiden Minta Bansos Rampung Disalurkan Pekan Ini

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Minta Bansos Rampung Disalurkan Pekan Ini

ANTARA
Warga menerima bantuan sosial berupa sembako

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta penyaluran bantuan sosial baik berupa paket sembako dan dana tunai kepada masyarakat lapisan bawah dapat dipercepat.

Ia memberi target kepada Menteri Sosial Juliari Batubara dan seluruh kepala daerah untuk merampungkan pendistribusian bantuan pada akhir pekan ini.

Baca juga: Ada Wabah Covid-19, PPDB Akan Dilangsungkan Secara Daring

"Saya minta kecepatan bansos ini dipercepat. Semakin cepat diterima akan semakin baik. Saya minta minggu ini semua sudah bisa diterima," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (4/5).

Penyisiran secara detil harus dilakukan hingga ke pelosok-pelosok daerah demi menghindari adanya masyarakat golongan bawah yang luput dari bantuan sosial.

"Daerah juga harus diberikan fleksibilitas sehingga jika ada warga miskin yang belum dapat bantuan bisa segera bisa dicarikan solusinya," tutur kepala negara.

Jokowi juga meminta data penerima bantuan dapat dibuka kepada publik.

Berapa banyak penerima manfaat, apa saja yang mereka dapat, itu semua harus dibuka secara transparan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

"Siapa yang dapat, kriterianya apa saja, jenis bantuannya apa, dibuka secara transparan sehingga jelas dan tidak menimbulkan kecurigaan dan kita bisa melakukan segera koreksi di lapangan," sambungnya.

"Saya juga minta dibuatkan hotline untuk pengaduan sehingga apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan kita bisa ketahui secara cepat." pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/KLHK

KLHK dan Polda Riau Bongkar Belasan Sawmill Kayu Ilegal di Kampar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 19:15 WIB
Operasi gabungan Gakkum KLHK dan Polda Riau tersebut berhasil mengamankan 664 batang kayu gelondong dan 2.559 keping kayu...
Antara/Reno Esnir

Gencarkan Pencegahan Covid-19, Negara Bisa Hemat Rp500 Triliun

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 26 November 2020, 18:40 WIB
Selain pemerintah menggencarkan 3T, masyarakat juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meski negara menanggung biaya perawatan...
AFP/Mario Tama

Uji Klinis Fase 1 dan 2 Vaksin Sinovac Penuhi Aspek Keamanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 18:30 WIB
Boleh dilanjutkan ke uji klinis fase...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya