Senin 04 Mei 2020, 08:27 WIB

ASN di Temanggung Wajib Beli Bawang Putih dan Cabai Dari Petani

Tosiani | Nusantara
ASN di Temanggung Wajib Beli Bawang Putih dan Cabai Dari Petani

MI/Supardji Rasban
Para pedagang cabai menunggu pembeli di Pasar Bawang Merah dan Lombok Sengon di Tanjung, Brebes. Saat ini harga cabai anjlok.

 

PEMKAB Kabupaten Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah mewajibkan segenap aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu untuk membeli bawang putih dan cabai produksi lokal. Tujuannya untuk mempercepat penyerapan hasil panen petani, sehingga dapat menaikkan harga bawang putih dan cabai yang saat ini anjlok di pasaran.

Aturan itu tertuang dalam surat edaran Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Temanggung Nomor 564/IV/2020. Surat edaran tersebut mengatur golongan III dan IV, wajib membeli minimal 2 kilogram (kg) bawang putih dan 2 kg cabai. Untuk golongan I dan II, diwajibkan membeli bawang putih dan cabai minimal masing-masing 1 kg. Adapun jumlah ASN di Kabupaten Temanggung sekitar 9.000 orang. Pembelian bawang putih ini nantinya akan dikoordinasikan oleh pimpinan masing-masing dinas dan instansi.

"Kami berharap ini bisa membantu menyerap 20-30 persen panen bawang putih dan cabai dari petani,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo.

baca juga: Ruang Isolasi Penuh, Dinkes Sidoarjo Usul Penambahan RS Rujukan

Menurut Agung, meski dalam edaran ditetapkan tentang batasan minimal, diharapkan tiap ASN di tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD), mau melakukan pembelian berulang. Dengan demikian hal itu dapat membantu menyerap bawang putih dan cabai jauh lebih banyak dari batasan minimal yang ditetapkan. (OL-3)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Gembira Loka Hampir Siap Terima Kunjungan Wisatawan

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 03 Juli 2020, 22:27 WIB
Persiapan agar pengunjung merasa nyaman dan aman berkunjung ke GLZoo sudah hampir 100...
ANTARA/Ahmad Subaidi

Minyak Kayu Putih Sumbang PAD Hingga Rp10 Miliar

👤Ardi Teristi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 22:17 WIB
Bahan baku adalah daun kayu putih dipasok dari kawasan hutan seluas 1.500 hektare di sekitar pabrik, di Kecamatan Playen, dan Nglipar, dan...
MI/Dwi Apriani

Enam Ruas Jalan di Palembang yang Rusak Ditarget Mulus

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 21:33 WIB
Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatra Selatan, Kgs Syaiful Anwar mengatakan, enam ruas jalan di Kota Palembang yang kerap...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya