Senin 04 Mei 2020, 05:13 WIB

3 Penumpang KRL Positif Covid-19, KCI Perkuat Protokol Kesehatan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
3 Penumpang KRL Positif Covid-19, KCI Perkuat Protokol Kesehatan

MI/ BARY FATAHILAH
PT KCI memperkuat protokol kesehatan setelah ditemukan tiga penumpang berstatus OTG positif covid-19.

 

PT KCI memperkuat protokol kesehatan usai mengetahui  hasil tes swab PCR  terdapat 3 orang atau 1% dari 325 peserta tes yang positif covid-19. Tes swab tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Pemprov Jawa Barat untuk mendeteksi orang dengan covid-19 di Stasiun Bogor pada 27 April lalu.

"Ketiga pengguna tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang sebelumnya tidak pernah mengetahui bahwa mereka positif covid-19. Penyebaran virus ini sendiri dapat terjadi di manapun, termasuk di lokasi kerja, di pasar-pasar, maupun kemungkinan lokasi lainnya yang didatangi para pengguna," ungkap VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya, Minggu (3/5).

Anne menegaskan PT KCI tetap melakukan berbagai langkah antisipasi untuk memerangi virus tersebut dengan cek suhu tubuh, wastafel di stasiun, wajib menggunakan masker dan aturan lainnya.

"Meski persentasenya sangat rendah, PT KCI tetap berupaya meningkatkan berbagai upaya pencegahan terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan prokotol pencegahan covid-19 di transportasi publik, physical distancing, dan mengendalikan kepadatan pengguna di KRL," tegasnya.

Selama ini PT KCI juga telah mengikuti prokotol pencegahan covid-19 di transportasi publik, bahkan sejak sebelum berlakunya PSBB seperti seluruh pengguna wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan KRL.

PT KCI melaksanakan cek suhu tubuh bagi seluruh pengguna maupun petugas di stasiun. Pada sepuluh stasiun juga telah dipasang thermal scanner yang mampu mendeteksi suhu tubuh ratusan pengguna dalam waktu bersamaan.

Wastafel tambahan juga disediakan yang dipasang pada lokasi-lokasi yang sering dilalui pengguna KRL agar dapat digunakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum maupun sesudah naik KRL di lebih dari 40 stasiun serta menyediakan hand sanitizer di dalam KRL maupun di stasiun.

KCI juga berupaya mengendalikan kepadatan pengguna dan tercapainya physical distancing di seluruh kereta dengan marka pada bangku dan tempat duduk untuk mengatur posisi pengguna agar tercipta jarak aman. 

baca juga: Pelanggar Larangan Mudik Tunjukkan Tren Penurunan

"Edukasi dibuat dalam bentuk marka dan pengumuman-pengumuman juga merupakan upaya agar pengguna tidak harus selalu bertatap muka dengan petugas sejalan dengan prinsip physical distancing," terang Anne.

KCI juga telah bekerja sama dengan TNI melalui Marinir, Kodim setempat, serta Polri melalui kehadiran 74 personil brimob di sebelas stasiun, dan Satpol PP maupun Dinas Perhubungan di stasiun.(OL-3)

Baca Juga

MI/Susanto

Kualitas Udara Ibu Kota Membaik

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:55 WIB
LIBUR Idul Fitri berdampak positif bagi kualitas udara Ibu...
ANTARA

Penyekatan Jalan Sukses Cegah Pemudik

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:35 WIB
JAJARAN Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menindak 40 ribu lebih kendaraan selama 30 hari pelaksanaan Operasi Ketupat...
Antara

Kapolri: Pelibatan TNI-Polri untuk Penegakan Disiplin

👤Ant 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:26 WIB
Ini bukan gakkum (penegakan hukum), tapi upaya melatih kedisiplinan (masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan),"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya