Senin 04 Mei 2020, 05:05 WIB

Bukti Keperkasaan Allah

Aiw/H-2 | Ramadan
Bukti Keperkasaan Allah

MI/SENO
Quraish Shihab

ALQURAN bersumber dari Allah Yang Mahamulia lagi Mahabijaksana karena tidak ada yang menyamai-Nya dan sangat dibutuhkan umat manusia. Kitab suci inilah yang akan mengantarkan manusia menuju tujuan yang benar, menghindarkan dari keburukan, dan mengantarkan kepada kebaikan.

Demikianlah tafsir dari Surah Al-Ahqaf ayat 1 yang menyebutkan, “Kitab suci ini diturunkan oleh Allah bersumber dari Allah yang mulia dan bijaksana.”

Kata aziz dalam ayat itu diterjemahkan sebagai mulia. Tapi bisa juga diambil dari kata yaizzu berarti sesuatu yang jarang dan tidak ada samanya. Bisa juga dari kata ya’uzzu yang berarti mengalahkan siapa yang menantangnya karena Dia Mahaperkasa.

Salah satu keperkasaan Allah tunjukkan dalam penciptaan langit dan bumi, seperti yang disampaikan pada ayat 3. “Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Namun orang-orang yang kafir, berpaling dari peringatan yang diberikan kepada mereka.”

Allah telah menciptakan langit yang berlapis-lapis dan bumi dengan batas akhir/ajalnya, maka jangan mengandalkan dunia dan janganlah beranggapan bahwa kita akan tetap di sini.

Namun, jangan pula membenci dunia sebab dunia ialah tempat menanam dan akhirat ialah tempat menuai. Jadi semakin banyak yang diperoleh di dunia dan disalurkan sesuai dengan kebenaran, semakin banyak yang bisa diperoleh di akhirat.

Allah menegaskan dalam ayat ke-4 dan ke-5 Surah Al-Ahqaf, bahwa berhala-berhala yang disembah orang kafir itu tidak memiliki keterlibatan dalam kejadian penciptaan alam raya ini. Tidak ada dalam kitab mana pun yang menyebutkan keterlibatan selain Allah dalam penciptaan alam semesta, juga dalam catatan terdahulu.

“Maka siapakah yang lebih sesat daripada seorang yang bermohon dan beribadah kepada selain Allah, padahal yang dimohonkan kepadanya itu tidak bisa menerima, mengabulkan apa yang dimintanya sampai hari kiamat dan mereka tidak bisa karena lengah, tidak tahu,” seperti tertulis dalam ayat 4.

Sebaliknya, orang-orang kafir yang menyembah selain Allah, maka doa dan penyembahan mereka akan sia-sia/tidak ada gunanya. Pada ‘hari akhir’ nanti, berhala-berhala itu justru akan menjadi musuh mereka.

Meski telah diperingatkan, orang kafir tetap saja mengingkari kebenaran yang datang pada mereka, dan mengatakan itu sihir yang nyata. Bahkan, berbalik menuduh Nabi berbohong. Atas tuduhan bohong itu, Nabi Muhammad berkata, “Jika aku mengada-adakannya, maka kamu tidak kuasa sedikit pun menghindarkan aku dari (azab) Allah. Dia lebih tahu apa yang kamu percakapkan tentang Alquran itu. Cukuplah Dia menjadi saksi antara aku dengan kamu. Dia Mahapengampun, Mahapenyayang.”

Dari Surah Al-Ahqaf ayat 1-10 ini bisa disimpulkan bahwa penciptaan alam raya ada tujuannya, termasuk akan adanya ‘hari kemudian’. Orang yang menyembah berhala akan sia-sia dan tidak ada gunanya. Surah ini juga menegaskan doa ialah ibadah yang sama-sama mensyaratkan ketulusan. Inti sari ibadah itu ialah doa. Surah ini juga membantah bahwa Alquran ialah buatan Nabi Muhammad SAW. (Aiw/H-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Lebaran di Rumah, Selamatkan Umat

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 22 Mei 2020, 04:45 WIB
Merayakan Idul Fitri di rumah sesuai dengan prinsip ajaran Islam untuk menjauhi kemudaratan dan membangun kemaslahatan...
MI/Seno

Allah Lebih Dekat daripada Urat Nadi

👤Quraish Shihab 🕔Rabu 20 Mei 2020, 04:15 WIB
‘DAN sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya...
MI/Pius Erlangga

Bermuhasabah di Akhir Ramadan

👤Atikah Ismah Winahyu 🕔Rabu 20 Mei 2020, 03:55 WIB
TIDAK terasa kita telah memasuki akhir bulan Ramadan 1441 H yang penuh...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 26 Nov 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More