Minggu 03 Mei 2020, 23:00 WIB

ASN di Temanggung Wajib Beli Bawang Putih dan Cabai Lokal

Tosiani | Nusantara
ASN di Temanggung Wajib Beli Bawang Putih dan Cabai Lokal

DOK KEMENTAN
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah mewajibkan segenap aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu membeli bawang putih dan cabai produksi lokal. Tujuannya, untuk mempercepat penyerapan hasil panen petani sehingga dapat menaikkan harga bawang putih dan cabai yang saat ini anjlok di pasaran.

Aturan itu tertuang dalam surat edaran Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Temanggung Nomor 564/IV/2020. Surat edaran tersebut mengatur golongan III dan IV, wajib membeli minimal 2 kilogram (kg) bawang putih dan 2 kg cabai. Untuk golongan I dan II, diwajibkan membeli bawang putih dan cabai minimal masing-masing 1 kg.

Adapun jumlah ASN di Kabupaten Temanggung sekitar 9.000 orang. Pembelian bawang putih ini nantinya akan dikoordinasikan oleh pimpinan masing-masing dinas dan instansi.

"Kami berharap ini bisa membantu menyerap 20-30 persen panen bawang putih dan cabai dari petani," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo, Minggu (3/5).

Menurut Agung, meski dalam edaran ditetapkan tentang batasan minimal, diharapkan tiap ASN di tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD), mau melakukan pembelian berulang. Dengan demikian hal itu dapat membantu menyerap bawang putih dan cabai jauh lebih banyak dari batasan minimal yang ditetapkan. (R-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Ratusan Pemudik Berlebaran di Lokasi Karantina di Purwokerto

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:15 WIB
SEKITAR 150 warga yang harus menjalani karantina di GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah harus berlebaran di sana. Mereka harus dikarantina...
Antara

Kasus DBD di Tasikmalaya Naik Dibanding 2019

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:05 WIB
KASUS Demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tasikmalaya sejak Januari hingga Mei, tercatat 400 kasus. Naik dibanding 2019 dalam periode yang...
Antara

Perusahaan Minta Iklim Investasi di Papua Diperbaiki

👤Martinus Solo 🕔Senin 25 Mei 2020, 13:55 WIB
KASUS tewasnya Marius Betera di areal operasional PT. Tunas Sawa Erma (TSE) di Boven Digoel, Papua, Sabtu (16/5) menimbulkan banyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya