Minggu 03 Mei 2020, 22:05 WIB

Pemprov DKI Segera Bebaskan Biaya Sewa Rusun

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI Segera Bebaskan Biaya Sewa Rusun

MI/Susanto
Salah satu rumah susun di Jakarta.

 

PEMPROV DKI sudah menyiapkan payung hukum terkait keringanan pembayaran retribusi sewa rumah susun (rusun). Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko menuturkan dampak Covid-19 menurunkan daya beli masyarakat untuk menyewa rusun-rusun yang ada di Ibu kota.

"Untuk kepastiannya kami menunggu terbitnya keputusan gubernur yang akan mengatur relaksasi berbagai retribusi, termasuk didalamnya pembayaran retribusi rusunawa," ungkap Sarjoko, Jakarta, Minggu (3/5).

Ia mengungkapkan sudah banyak aspirasi warga yang minta diberikan keringanan atau pembebasan keseluruhan biaya sewa rusun. Keterpurukan ekonomi ditengah masa pembatasan sosial bersakala besar (PSBB) menjadi sebab penurunan penghasilan warga. "Sangat berdampak terhadap melemahnya perekonomian dan daya beli masyarakat," kata Sarjoko.

Ia menambah, aspirasi penghuni rusunawa yang memohon pembebasan biaya sewa sudah dilaporkan secara tertulis ke Gubernur Anies Baswedan. Karenanya, payung hukum tersebut segera diterbitkan "Informasinya sih sudah siap, akan dipublish," tutur Sarjoko.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Yuke Yurike mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk segera mengeluarkan kebijakan relaksasi menggratiskan biaya sewa rumah susun bagi mereka yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.

"Banyak dari penghuni rusun tersebut sudah mengadu kepada kami jika mereka kesulitan untuk membayar biaya sewa rusun karena berhentinya aktivitas ekonomi selama pelaksanaan PSBB," ungkap Yuke. (R-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...
MI/Ramdani

Tiga Bandar Ganja Dituntut Hukuman Mati

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:43 WIB
Tiga terdakwa bandar ganja 219 kilogram (kg) dituntut jaksa penuntut umum dengan pidana mati, dalam persidangan di Pengadilan Negeri...
Dok MI

Polisi Tembak Mati Dua Perampok Minimarket

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:13 WIB
Dua pelaku yang tertembak mati sempat mengeluarkan senjata api dan berusaha melumpuhkan anggota...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya