Minggu 03 Mei 2020, 20:05 WIB

Pekan Kedua Ramadan, Sembako di Solo Masih Fkuktuatif

Widjajadi | Nusantara
Pekan Kedua Ramadan, Sembako di Solo Masih Fkuktuatif

MI/Widjajadi
Sembako di 5 pasar utama di Kota Solo masih fluktuatif harganya di pekan kedua Ramadan dan situasi pandemi korona.

 

Harga sembilan bahan pokok di lima pasar utama di Kota Solo masih fluktuatif memasuki pekan kedua Ramadan. Kondisi tersebut terjadi lantaran masih berlangsungnya pandemi virus korona baru atau Covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun Media Indonesia, pada Minggu (3/5), bawang merah masih menunjukkan harga di atas bawang putih. Bawang merah di Pasar Kadipolo mencapai Rp65 ribu, sementara bawang putih Rp40 ribu per kg.

Kenaikan harga bawang merah ini lumayan tinggi sebesar Rp10 ribu dibandingkan pekan pertama Ramadan. Di Pasar Legi maupun Pasar Nusukan dan juga Pasar Sidodadi, bawang merah menunjukkan harga yang berimbang. Sedang bawang putih gelontoran impor membuat harga pasa kisaran Rp38.000-Rp40 ribu.

Baca Juga: Awal Ramadan Sepi, Harga Sejumlah Komoditas Turun

Untuk telur yang sempat mencapai Rp20 ribu, pada pekan kedua Ramadan ini turun pada kisaran Rp18 ribu-Rp19 ribu/kg. Dan gula pasir juga cenderung turun terus yakni kini jadi Rp16 ribu setelah sebelumnya bertahan pada harga Rp18 ribu. Begitu halnya minyak goreng menunjukkan harga stabil Rp13 ribu. Demikian juga tepung terigu dan juga beras juga normal.

Hananti, salah seorang pedagang di Pasar Nusukan menjelaskan, bawang merah masih menunjukkan harga tinggi. Karena selain sangat dibutuhkan, juga belum merata panenan. Sedang bawang putih terus turun karena gelontoran impor.

Dia memaparkan, untuk beras tidak mengalami kenaikan karena produsen melimpah di tengah panen. Harga beras kualitas premium di lima pasar utama seperti Pasar Sidodadi,Pasar Legi, Pasar Gede, Pasar Kadipolo dan Pasar Nusukan dijual stabil mulai Rp10.500/kg hingga Rp12.500/kg, minyak goreng Rp13.000/kg.

Sedang tepung terigu mulai Rp7.500/kg hingga Rp9.000/kg. ''Pasokan barang ke pasar lancar sehingga stoknya aman hingga Lebaran mendatang," timpal Ny Endang, pedagang tepung terigu di Pasar Gede.

Pantauan sembako lain, seperti daging sapi ada di kisaran Rp105 ribu - Rp110 ribu/kg. Untuk daging ayam Rp28 ribu hingga Rp30 ribu. Sementara daging kambing dipatok Rp90 ribu/kg.

Terkait harga berbagai jenis cabai, rinciannya cabai rawit merah Rp20 ribu, cabai merah keriting Rp15 ribu, kentang Rp13 ribu, wortel Rp10 ribu, dan kentang Rp13 ribu.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengharapkan para pedagang disiplin untuk mengenakan masker sebagai upaya pencagahan Covid-19. "Kita terus monitor harga harga masih fluktuatif, tidak menunjukkan gejolak selama dua pekan Ramadan ini. Yang lebih penting lagi, pedagang harus mengenakan masker, agar proses transaksi lebih lancar di tengah pandemi korona ini," katanya. (WJ/OL-10)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pengumuman Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Sumenep Lewat WhatsApp

👤Mohammad Ghozi 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:26 WIB
"Karena berada pada masa belajar di rumah, pengumuman kelulusan SD dan SMP akan disampaikan melalui pesan berantai maupun grup...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sidoarjo akan Gunakan Mal Pelayanan Publik untuk Tempat Isolasi

👤Heri Susetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
"Kita akan gunakan lantai atas MPP untuk tempat isolasi dan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf...
Ilustrasi

Pelaku Penyerangan Polsek, Diduga Simpatisan ISIS

👤Yona Hukmana 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:55 WIB
Pelaku penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (1/6), yang menewaskan satu anggota polisi itu, diduga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya