Minggu 03 Mei 2020, 19:48 WIB

Pemkab Periksa 15 Pekerja Tuban yang sempat Terlantar di Cilegon

M Yakub | Nusantara
Pemkab Periksa 15 Pekerja Tuban yang sempat Terlantar di Cilegon

MI/M Yakub
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, memeriksa 15 pekerja asal Tuban yang telantar di Kota Cilegon, Banten.

 

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Jatim, memeriksa 15 warga setempat yang terlantar di Kota Cilegon, Banten. Dari pemeriksaan pada 15 pekerja ini dinyatakan sehat. Meski demikian mereka juga diwajibkan melakukan isolasi mandiri saat sampai di rumah.

Ke 15 pekerja ini dipulangkan sampai Pendopo Pemkab Tuban dengan mengunakan bus setelah Pemkab berkoordinasi dengan Pemkot Cilegon, Banten. Para pekerja ini sempat terlantar beberapa hari di Cilegon menyusul Pemkot setempat menerapkan PSBB akibat pandemi korona.

Kepala Kantor Kesbangpol, Didik Purwanto menjelaskan, warga yang sempat terlantar di Cilegon Banten tersebut merupakan warga Tuban yang bekerja di Jambi dalam proyek pemasangan listrik. Tetapi proyek listrik berhenti imbas Covid-19, sehingga 29 April 2020 mereka pulang ke Tuban menumpang truk dari Jambi sampai Palembang.

Baca Juga: Tuban Tingkatkan Dana Darurat Covid-19 Jadi Rp60 Miliar

''Dari Palembang mereka melanjutkan perjalanan ke Lampung menumpang mobil boks. Namun mereka tertangkap dalam operasi penyekatan wilayah di pelabuhan Bakauheni Lampung,'' ujar Didik.

Dia menambahkan selama sehari semalam rombongan terkatung-katung di Pelabuhan Bakauheni, hingga mereka mendapat tumpangan mobil boks lagi dan berhasil menyeberangi Selat Sunda. Namun sesampai di Pelabuhan Merak pekerja asal Tuban  kembali diamankan petugas di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

''Penerapan PSBB di Cilegon membuat nasib mereka tidak jelas selama kurang lebih  tiga hari, sampai datang bantuan dari Pemkot Cilegon yang sebelumnya mendapat laporan dan berkoordinasi dengan Pemkab Tuban melalui Kesbangpol, BPBD dan Dishub Tuban,'' jelasnya.

Baca juga: Mudik ke Tuban 67 Santri Gontor Diperiksa Kesehatannya

Mantan Camat Tambakboyo ini menerangkan, saat di Cilegon, salah satu warga dari kecamatan Kerek menghubungi kepala desa, selanjutnya kepala desa berkoordinasi dengan camat yang kemudian dilaporkan ke Gugus Tugas Kabupaten. Atas laporan ini, Tim Gugus Tugas menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dengan Pemkot Cilegon.

''Kelima belas warga Tuban tersebut diurus dengan baik dan dapat dipulangkan dengan selamat sampai Tuban. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cilegon atas bantuan yang telah diberikan,'' imbuhnya.

Wakil Gugus Tugas Covid -19 Tuban Viliala Romadlon, meminta kepada seluruh warga yang tiba dari Cilegon, sesampainya di rumah untuk melakukan isolasi mandiri. Dari hasil pemeriksaan memang semua dinyatakan sehat, namun tetap harus menjaga jarak dengan keluarga dan masyarakat.

Baca Juga: BPBD Tuban Semprotkan Disinfektan

''Hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan,'' tegas Viliala yang juga Komandan Kodim 0811 ini.

Viliala menambahkan, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelarangan mudik dan memberlakukan penyekatan wilayah terutama di kawasan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal inilah yang harus dipahami bersama sehingga tidak ada lagi kejadian warga terlantar di daerah lain, untuk itu diharapkan semua masyarakat dapat menahan diri untuk tidak mudik.

Para pekerja itu kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan di Posko Gugus Tugas dengan diberlakukan SOP penanganan pendatang. Yakni, dengan
pemeriksaan kesehatan seperti suhu tubuh dan tanda gejala Covid-19 seperti batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, pilek, lesu, sakit kepala, tanda pneumonia, diare dan mual serta muntah.

Kelima belas orang juga mendapatkan bantuan sembako dari  Gugus Tugas dan selanjutnya pulang ke rumah masing-masing dengan pengawasan petugas dari kecamatan dan desa. Kelima belas orang tersebut berasal dari Kecamatan Kerek, Tuban, Montong dan Bangilan.(YK/OL-10)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Cak Imin Salurkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:46 WIB
Bantuan dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar langsung diperuntukan bagi warga kurang mampu yang ada di wilayah Kelurahan Wairotang,...
DOK Pemprov Kalimantan Tengah

Kalteng Siap Gelar Pilkada Serentak dan Ikuti Protokol Kesehatan

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:36 WIB
Pilkada serentak di Kalimantan Tengah akan mengikuti protokol kesehatab dengan disiapkan tempat cuci tangan untuk peserta pemilih dan...
MI/Martinus Solo

Covid, Festival Budaya Internasional di Tambrauw Digeser ke 2021

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:30 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tambrauw Abraham Mayor menambahkan, penundaan ini dirasa sangat berat karena sudah dipersiapkan sejauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya