Minggu 03 Mei 2020, 16:39 WIB

Jaksa Agung : Pengangkatan Setia Untung Sesuai Peraturan

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Jaksa Agung : Pengangkatan Setia Untung Sesuai Peraturan

Ilustrasi
Kejaksaan Agung

 

JAKSA Agung ST Burhanuddin, menyebutkan pengangkatan Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dimana ia menjelaskan dalam peraturan perundang-undangan yaitu undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia pasal 23 ayat (3) menyatakan bahwa " Yang dapat diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung adalah Jaksa Agung Muda, atau yang dipersamakan dengan memperhatikan jenjang dan jabatan karir ".

"Setia Untung Arimuladi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI dalam jabatan struktural eselon 1a merupakan jabatan struktural yang sama dengan jabatan struktural para Jaksa Agung Muda," ucap ST Burhanuddin dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu, (3/5).

Tak hanya itu, dikatakannya Setia Untung juga telah memiliki perjalananan jenjang karir yang cemerlang selama berdinas di Kejaksaan RI.

"Beliau juga telah beberapa kali menduduki jabatan struktural yang strategis," ucapnya.

Disamping menduduki jabatan struktural strategis tersebut, Burhanuddi juga menyebutkan bahwa Setia Untung merupakan pelopor perubahan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), sehingga untuk yang pertama kali mendapat predikat WBK sekaligus WBBM dari Kementerian PAN RB Republik Indonesia.

Baca juga :Penunjukan Kepala BNPT Diduga Malaadministrasi

"Degan memperhatikan segudang prestasi tersebut, maka Kejaksa Agung RI menilai bahwa pengangkatan Setia Untung Arimuladi, sebagai Wakil Jaksa Agung RI adalah tepat dan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tuturnya.

Sementara itu, terkait dengan pelantikan Setia Untung sebagai Wakil Jaksa Agung, Burhanuddin menyebutkan pihaknya akan melaksanakan pelantikan pada Senin, (4/5).

"Pelantikan Wakil Jaksa Agung RI, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan dan Staf Ahli Jaksa Agung RI akan dilaksanakan secara terbatas pada hari Senin (4/5) di Kejaksaan Agung RI," jelasnya.

Mengingat waktu pelaksanaan pelantikan masih dalam masa darurat pandemik covid-19 maka untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran dan penularan covid-19, upacara pelantikan akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di masa pandemik.

Serta mempedomani Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor : 10/SE/IV/2020 tanggal 02 April 2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah / Janji PNS atau Sumpah / Janji Jabatan Melalui Media Elektronik / Teleconference Pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus korona.

Dapat diketahui, sebelum diangkat sebagai Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi pernah menduduki jabatan struktural yang strategis di lingkungan Kejaksaan Agung diantaranya :

1. Asisten Khusus Jaksa Agung RI (02 Agustus 2011)

2. Kapuspenkum Kejagung RI (08 Nopember 2012).

3. Kajati Riau (28 Mei 2014)

4. Karo Umum pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung RI (13 Mei 2015)

5. Kajati Jabar (02 Juni 2016).

6. Sesjam Intel (23 Oktober 2017).

7. Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI (15 Nopember 2017 - hingga sekarang). (OL-2)

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Inilah 25 Kabupaten/Kota yang Dijaga TNI-Polri Saat New Normal

👤Antara 🕔Selasa 26 Mei 2020, 21:32 WIB
Berikut adalah daftar provinsi, kabupaten dan kota yang akan dijaga 340 ribu pasukan...
Ilustras

KPU Harus Serius Sikapi Dugaan Peretasan Data Pemilih

👤Antara 🕔Selasa 26 Mei 2020, 20:24 WIB
Terjadi atau tidak terjadi peretasan, klaim tersebut tentunya tetap membuat kerugian bagi KPU sebagai penyelenggara...
Antara/Fakhri hermansyah

Cegah Penularan Covid-19, Polri Dirikan 116 Pos Penyekatan Mudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 26 Mei 2020, 18:36 WIB
“Kita persiapkan sekarang 116 pos pam (pengamanan) penyekatan untuk arus balik kita laksanakan secara maksimal,” tutur Kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya