Minggu 03 Mei 2020, 16:15 WIB

Pemkab Cirebon Bebaskan Retribusi Pasar Selama Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
Pemkab Cirebon Bebaskan Retribusi Pasar Selama Covid-19

ANT/MOHAMMAD AYUDHA
Warga melintas didekat papan himbauan wajib mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

 

SELAMA masa wabah Covid-19, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon bebaskan retribusi pedagang di pasar tradisional.

Kepala Disperdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, menjelaskan  pembebasan rertibusi pedagang itu berlaku di 9 pasar tradisional milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

"Ada 9 pasar tradisional yang  tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon," ungkap Deni, Minggu  (3/5). Diantaranya Pasar Sumber, Pasar Palimanan, Pasar Jamblang, Pasar  Pasalaran, Pasar Batik Trusmi, Pasar Kue Weru, Pasar Cipejeuh, Pasar  Babakan dan Pasar Ciledug.

Untuk memperkuat kebijakan tersebut, Pemkab Cirebon telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) No 17 tahun 2020. Melalui Perbup tersebut seluruh pedagang di pasar tradisional dibebaskan sementara dari  retribusi harian.

Baca Juga: Masyarakat Keluhkan Tagihan Listrik Maret-April Melonjak

"Karena mereka juga terdampak Covid-19," ungkap Deni. Ada pun pembebasan retribusi ini menurut Deni bersifat sementara, yaitu  berlaku mulai 17 April hingga 29 Mei 2020.

Kebijakan pembebasan retribusi pedagang di pasar tradisional  diberlakukan agar pedagang se Kabupaten Cirebon tetap bisa terus  berjualan. Juga untuk mengurangi beban mereka. "Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19 ini mereka juga menjadi kalangan yang terdampak dan penjualannya mengalami penurunan omset," ungkap Deni. (OL-13)

Baca Juga: PSBB: Dewan Tuding Pemkot Pekanbaru Bohong Soal Bansos

 

 

Baca Juga

Dok MI

Total Kasus Sembuh Covid-19 di Riau Capai 76

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Ssaat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Riau telah menerima 5.458 spesimen swab. Selain itu, alat PCR juga telah memeriksa...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Dua Hari Terakhir Nihil Tambahan Positif Korona di DIY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Secara keseluruhan, hasil tes PCR sudah menyatakan 226 orang positif, dengan rincian 95 masih dirawat, 132 orang sudah sembuh, dan 8...
DOK MI

Kasus Sembuh Korona di Sragen Bertambah

👤Widjajadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:40 WIB
Delapan pasien yang sembuh dari sergapan positif korona itu langsung diperbolehkan pulang dari tempat perawatan di  RSUD dr Soehadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya