Minggu 03 Mei 2020, 09:15 WIB

Beda Kalender Pendidikan, Siswa Pakai Surat Kelulusan Sementara

Akhmad Safuan | Nusantara
Beda Kalender Pendidikan, Siswa Pakai Surat Kelulusan Sementara

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi pendaftaran murid baru

 

COVID-19 ikut berdampak pada pendaftaran siswa baru di sekolah-sekolah. Perbedaan kelulusan dan pendaftaran sekolah membuat orangtua kesulitan. Seperti dilakukan oleh SMP Negeri di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah hanya membuka pendaftaran siswa baru pada 4 sampai 6 Mei 2020. Sementara kelulusan SD di wilayah itu baru dilaksanakan pada 15 Juni 2020.

"Saya jadi kesulitan menyekokahkan anak karena kalender pendidikan yang berbeda," kata Dewi,44, orang tua calon siswa di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (2/5).

Pada awal tahun, lanjut Dewi, satu keluarga pindah dari Kota Semarang ke Kabupaten Semarang, untuk anak-anak lain karena masih duduk di bangku kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA tidak masalah pindah. Sedangkan untuk anak kelas 6 SD menunggu kelulusan. Namun adanya wabah, pihak sekolah mengambil kebijakan berbeda. 

Beberapa kepala sekolah SMP Negeri di Kabupaten mengatakan pembukaan pendaftaran sekolah tahun ajaran ini sesuai dengan keputusan dari Dinas Pendidikan setempat karena sekolah hanya melaksanakan.

"Kita hanya mengikuti perintah dari dinas yg seluruh Kabupaten Semarang mulai pendaftaran Senin (4/5)," Sunarko, panitia PPDB SMP Negeri 5 Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptagiri mengaku heran dengan perbedaan kalender pendidikan dari Kabupaten Semarang, meskipun mereka punya kebijakan sendiri. Kalender pendidikan di daerah, lanjut Gunawan, harusnya disesuaikan dan mengacu dengan kalender pendidihan tingkat provinsi dan nasional.

"Logikanya aneh, tingkat SLTA saja baru kelulusan dan belum pendaftaran kok SD dan SMP sudah mendahului," ujarnya kepada Media Indonesia Minggu (3/5)

baca juga: Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun Salurkan Bansos

Namun jika kondisi demikian, menurut Gunawan Saptagiri, sekolah SD di Kota Semarang bisa mengeluarkan surat keterangan lulus sementara bagi siswa yang akan melanjutkan ke daerah lain. 

"Kita akan keluarkan surat kelulusan sementara demi siswa agar tetap dapat melanjutkan pendidikan," tambahnya. (OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

Mentan Gulirkan Gerakan Percepatan Tanam Padi

👤 (PO/JL/AD/RF/FB/N-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:35 WIB
KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) akan melakukan gerakan percepatan tanam padi di lahan seluas 5,6 juta hektare yang tersebar di 33 provinsi...
MI/Dwi Apriani

Warga Harus Gunakan Dana BLT dengan Baik

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:25 WIB
Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahap II tahun...
ANTARA

Ledakan Danau Kawah Ijen, Satu Penambang Hilang Terbawa Arus

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:10 WIB
Ledakan itu adalah fenomena gunung api. Ada semacam tekanan dari bawah yang mengakibatkan luapan permukaan air di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya