Sabtu 02 Mei 2020, 15:54 WIB

Gubernur Ganjar Jadi Influencer Gratisan Bantu Warga Jualan

Haryanto | Nusantara
Gubernur Ganjar Jadi Influencer Gratisan Bantu Warga Jualan

MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap memborong dan sekaligus menjadi influencer gratisan buat berbagai produk masyarakat.

Hampir setiap hari, khususnya di tengah pandemi virus korona atau covid-19, Ganjar menjadi influencer memanfaatkan media sosial (medsos) dengan memajang produk dagangan masyarakat.

Baca juga: Kampanye Unik Anti-Covid-19 Ala Ganjar Pranowo

Dia juga memborong dan memberikan tanggapan atas barang yang ia beli itu. Misalnya membeli sambel, ia akan mempromosikan sambel itu dengan sensasi nikmat yang ia rasakan.

"Sebenarnya saya hanya ingin mendorong, ayo kita berjualan dan membeli dari tetangga atau orang-orang terdekat dan mereka yang membutuhkan. Di tengah wabah covid-19, banyak orang kesusahan dan mencoba survive dengan jualan kecil-kecilan. Maka saya ingin bantu memasarkan dan mengharapkan masyarakat membantu dengan membeli," kata Ganjar di rumah dinasnya, Sabtu (2/5).

Baca juga: Ganjar Pranowo: Bu Noto Grapyak dan Semanak

Medsos, lanjut dia, merupakan media ampuh untuk memasarkan produk warganya itu. Apalagi, berbekal follower yang cukup banyak, produk yang ditampilkan bisa disebar ke lebih banyak orang.

"Medsos itu bagus, jangkauannya besar. Apalagi sekarang mereka tidak bisa dagang langsung, ketemu sama masyarakat. Maka, medsos bisa dipakai," terangnya.

Baca juga: Ganjar: ASN Mesti Turun Gunung, Potong Gaji

Selama covid-19, Ganjar mengatakan banyak menerima tawaran dari masyarakat, apakah sekadar membantu memasarkan atau membelinya.

"Ada buah-buahan, madu, jamu, teri nasi, oseng-oseng, sambel, peyek, es campur dan banyak lagi produk lainnya. Pokoknya kalau ada masyarakat mention saya di medsos, pak saya jualan ini pak, ya saya beli. Sambil tentu saya bantu pasarkan lewat postingan," terangnya.
 
Meski sederhana, namun langkah yang dilakukan Ganjar itu ternyata sangat berdampak. Ia mencontohkan, kaos tentang korona yang selalu ia pakai, saat ini laku keras dan dibeli sampai Hongkong, Singapura, Malaysia dan negara lain termasuk Jakarta.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) on

"Kaos Bersama Lawan korona, Nyedak Keplak yang biasa saya pakai itu sekarang larisnya minta ampun. Artinya, karena saya si pembuat kaos ini jadi bisa dapat rezeki. Jadi saya selalu mengajak masyarakat untuk berusaha, yakinlah diantara musibah pasti ada berkah. Yang penting kita niat betul-betul dan berdoa," tutupnya.

Salah seorang warga yang mendapatkan berkah karena produknya diiklankan Ganjar adalah Aniek Kurnia, 52, warga Kagungan Lor Kabupaten Rembang. Awalnya, Aniek iseng posting barang dagangannya yakni ikan teri di akun medsos Ganjar.

"Enggak nyangka Pak Ganjar langsung borong. Selain itu, pak Ganjar juga posting ikan teri saya di media sosialnya, akhirnya banyak yang tanya dan beli. Jadi berkah," ucapnya. (X-15)

Baca Juga

ANTARA

Surabaya dalam Bahaya Korona

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 01:15 WIB
TINGKAT penularan virus korona baru atau covid-19 di Kota Surabaya, Jawa...
ANTARA

PSBB tak Diperpanjang, 117 Tempat Wisata di Riau Siap Buka Lagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Mei 2020, 23:33 WIB
Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru menyatakan rencana membuka kembali objek wisata setelah memastikan bahwa Pembatasan Sosial...
Antara

Palembang, Tertinggi Kasus DBD dan Covid-19 di Sumsel

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 21:33 WIB
Tercatat  360 kasus DBD selama periode Januari - 26 Mei 2020 dan  539 kasus selama periode 24 Maret - 28 Mei 2020 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya