Sabtu 02 Mei 2020, 15:09 WIB

UII Pasang Wastafel Portabel di Dua Pasar

Agus Utantoro | Nusantara
UII Pasang Wastafel Portabel di Dua Pasar

MI/Agus Utantoro
Wastafel portabel di pasar.

 

MENDUKUNG pemerintah untuk mengajak masyarakat terus cuci tangan, Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat (1/5/2020) sore memasang wastafel portabel di Pasar Rejodani dan Pasar Desa Umbulmartani, Sleman.

Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof Fathul Wahid, ST, MSc, PhD, Jumat (1/5) menjelaskan, wastafel portabel yang ada selama ini berbeda dengan buatan UII. Dengan wastafel buatan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri UII ini, pengguna tidak perlu menyentuh dengan tangan. ''Baik untuk mengalirkan air maupun untuk sabun cair cuci tangan,'' katanya.

Menurut Prof Wahid, pengguna mengalirkan air atau pun sabun, cukup dengan menginjak pedal yang ada di bagian bawah wastafel. Melalui cara ini, lanjutnya, akan mengurangi risiko penularan virus terutama setelah selesai cuci tangan dan menutup keran air.

Baca Juga: Pemprov DKI Sediakan Wastafel Portable di Sekitar Halte

Agar wastafel ini efisien, lanjutnya, disediakan tandon air yang cukup besar, sehingga air sediaan tidak cepat habis.

Fathul Wahid menambahkan, alat serupa bisa dibuat siapa saja dengan ketrampilan mengelas yang cukup, jika berbahan dari besi supaya bertahan cukup lama, dan biaya tidak terlalu besar. Setiap unit berharga Rp4,5 juta.

Baca Juga: Pemprov Sumut Sediakan Wastafel Portable di Berbagai Area Publik

''Jika wabah ini masih berkepanjangan, kami akan berupaya memproduksi lebih banyak dan mendonasikannya di pusat-pusat di tempat aktivitas ekonomi rakyat yang membutuhkan,'' katanya.

Pendistribusian portable wastafel disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 UII, Dr. Abdul Jamil, SH, MH dan diterima perwakilan pengurus
setiap pasar. Menurut Jamil, ketika tidak bisa memaksa warga menghentikan aktivitas mereka, maka tugas kita membantu mengamankan aktivitas mereka dari sisi kesehatan. (AU/OL-10)

Baca Juga

Medcom

Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:49 WIB
Salah satu karyawan perempuan berinisial R, 51, terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang telah keluar dari Labkesda...
MI/Depi Iskandar

Anggota DPRD Bayuwangi Semprotkan Disinfektan di Zona Merah Covid

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:30 WIB
Dengan memakai alat pelindung diri lengkap, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga, hingga tempat ramai yang kerap...
 ANTARA FOTO/FB Anggoro/ama

Bank BJB Layani Bayar PKB via Bukalapak dan Indomaret

👤(RO/N-1) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:50 WIB
BANK BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) mengembangkan inovasi cara pembayaran pajak tahunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya