Sabtu 02 Mei 2020, 14:45 WIB

Politisi Golkar : Program Kartu Prakerja Dibutuhkan Masyarakat

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Politisi Golkar : Program Kartu Prakerja Dibutuhkan Masyarakat

Antara/Aditya Pradana Putra
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja.

 

KEBERADAAN Program Kartu Prakerja diyakini dibutuhkan  oleh sebagian besar masyarakat. Alasannya buruh yang terkena PHK atau pencari kerja membutuhkan peningkatan kemampuan atau skill supaya memiliki daya saing.

"Bagi mereka yang putus kerja, dan yang akan bekerja, mereka membutuhkan tambahan keahlian agar pasca pandemi korona sebelum kembali bekerja," terang politisi Partai Golkar Muhammad Sarmuji, Sabtu (2/5).

Dia menekankan, program Kartu Prakerja menjaga harapan bagi mereka yang memandang pekerjaan sebagai bagian penting dari kehidupan. Mengingat strategisnya Kartu Prakerja tersebut, penerapannya mesti tepat sasaran.

"Saya bertemu dengan beberapa kepala daerah di Jawa Timur. Mereka mengapresiasi program ini. Tetapi, mereka juga memberi masukan agar program ini diterapkan melalui sistem kuota," tegas Sarmuji.

Menurut dia, dengan sistem kuota, bisa dihindari untuk dulu-duluan mana yang bisa mengakses. Sistem kuota juga menunjang aspek pemerataan. Di samping itu, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menutup celah prinsip kesetaraan melalui sistem teknologi.

"Kebijakan pemerintah ini sudah tepat. Pasalnya kebutuhan manusia itu tidak sekedar makanan untuk menjamin kelangsungan hidup. Akan tetapi juga butuh pekerjaan bukan saja sebagai sumber penghasilan tapi juga menjaga harkat," ujarnya.

Menurut Ketua DPD Golkar Jawa Timur ini, manusia yang tidak punya pekerjaan, selain tidak bisa mencukupi hidupnya juga terancam harkat kemnusiaannya. 

Dia lantas menyitir salah satu puisi Kahlil Gibran, penyair besar kelahiran Libanon itu yang menyatakan kerja sebagai sesuatu yang luar biasa.

Politisi kelahiran Surabaya 10 Juni 1974 itu menebarkan pujiannya kepada pemerintah atas upaya-upaya yang sudah dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terhadap mereka yang membutuhkan bantuan makanan sudah ada kartu sembako.

"Bahkan, Program Keluarga Harapan (PKH) juga ditingkatkan baik nominal maupun jumlah. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin," pungkasnya. (E-1)

Baca Juga

Dok. PTPP

PTPP Catatkan Laba Bersih Rp1,2 Triliun di 2019

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:34 WIB
Pembagian dividen tunai (dividend payout ratio) sebesar 22,5% dari laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk setara...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Gubernur BI Bantah Tudingan Dana Haji Dipakai Perkuat Rupiah

👤Antara 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:39 WIB
Perry Warjiyo menampik soal dana haji sebesar 600 juta dolar AS yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) digunakan untuk...
Antara

Fase Kenormalan Baru Bakal Menggerus Tenaga Kerja

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:25 WIB
JELANG memasuki fase new normal atau kenormalan baru korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau yang di rumahkan resah. Mereka kawatir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya