Sabtu 02 Mei 2020, 13:55 WIB

Kadin: Pengangguran Karena Covid-19 Bukan 3 Juta, Lebih 10 Juta

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kadin: Pengangguran Karena Covid-19 Bukan 3 Juta, Lebih 10 Juta

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Seorang pekerja berjalan di kawasan sudirman, jakarta

 

KAMAR Dagang Indonesia (Kadin) menyebut bahwa angka pengangguran telah meningkat cukup tinggi selama pandemi covid-19. Hal itu dikarenakan terganggunya aktivitas perekonomian di Indonesia karena adanya sejumlah pembatasan.

Wakil Ketua Umum Kadin Suryani SF Motik menuturkan, berdasarkan data Kadin, tercatat jumlah pengangguran sudah bertambah lebih dari 10 juta orang selama pandemi covid-19.

"Data unemployment dari pemerintah, per hari ini baru 2-3 juta orang. Kenyataanya di lapangan lebih dari itu, saya yakin sudah puluhan juta," ungkap Suryani dalam video conference, Sabtu (2/5).

Suryani menambahkan, penyumbang angka pengangguran baru berasal dari sektor hotel, restoran pariwisata, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Untuk sektor hotel diperkirakan terdapat sekitar 15 juta tenaga kerja dan saat ini sudah banyak hotel yang merumahkan para pegawainya.

"Data 2018, UMKM jumlahnya ada 61 juta, kalau rata-rata memperkerjakan 1-2 orang, berapa besar jumlahnya," sambungnya.

Untuk itu, dia meminta kepada pemerintah agar dapat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tepat sasaran kepada tenaga kerja yang terdampak pandemi covid-19.

Pasalnya, dengan tidak akuratnya data yang dimiliki pemerintah terkait jumlah tenaga kerja menyebabkan penyaluran bantuan tidak tepat sasaran.

"Kalau kebijakan pemerintah sering tidak tetap sasaran karena kita tidak punya data dengan baik, akan bahaya bagi kita," pungkas Suryani. (OL-4)

Baca Juga

Dok. PTPP

PTPP Catatkan Laba Bersih Rp1,2 Triliun di 2019

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:34 WIB
Pembagian dividen tunai (dividend payout ratio) sebesar 22,5% dari laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk setara...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Gubernur BI Bantah Tudingan Dana Haji Dipakai Perkuat Rupiah

👤Antara 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:39 WIB
Perry Warjiyo menampik soal dana haji sebesar 600 juta dolar AS yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) digunakan untuk...
Antara

Fase Kenormalan Baru Bakal Menggerus Tenaga Kerja

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:25 WIB
JELANG memasuki fase new normal atau kenormalan baru korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau yang di rumahkan resah. Mereka kawatir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya