Sabtu 02 Mei 2020, 00:24 WIB

Anies Pastikan Penerima Bansos Tahap 2 Lebih dari 1,2 Juta Orang

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Pastikan Penerima Bansos Tahap 2 Lebih dari 1,2 Juta Orang

MI/Susanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, data penerima program bantuan sosial (bansos) tahap kedua lebih banyak dari sebelumnya.

Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, warga rentan miskin mendapatkan bantuan berupa paket sembako.

"Nah ke depan, jumlahnya akan jauh lebih banyak lagi. Mengalami peningkatan yang sangat besar. Jadi jauh di atas angka 1.2 juta orang yang kita fasilitasi kemarin," jelas Anies saat konferensi pers di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (1/5).

Baca juga: Usai Lebaran, Anies Batasi Orang Masuk Jakarta

Anies menerangkan alasan penambahan data penerima bansos tahap kedua. Ternyata, banyak dari warga yang mengalami keterpurukan kondisi ekonomi imbas PSBB. Misalnya, warga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau yang dirumahkan tanpa digaji.

"Kami mengumpulkan segmen-segmen yang kemarin bukan termasuk masyarakat miskin, tapi karena kondisi perekonomian mereka masuk ke dalam masyarakat yang membutuhkan," terang Anies.

Baca juga: Keren Bener! Anies Baswedan All Out Dapatkan Satu Juta Masker

Sejak 25 April, belum ada penyaluran bansos dari Pemprov lagi. Namun, kata Anies, saat ini pembagian bansos diberikan dari Kementrian Sosial. Ia berjanji bakal segera mengumumkan jadwal pemberian paket sembako tahap kedua.

"Kami akan umumkan secara detail baik segmennya maupun jumlahnya. Lebih bijak bila sudah terstruktur dan lengkap informasinya, baru nanti disampaikan detailnya," pungkas Anies.

Anies tidak menyebut secara detail soal anggaran yang bakal dikucurkan untuk bansos berikutnya. Pun detail harga paket sembako. Sebelumnya, satu paket sembako senilai Rp149.500.

"Kita akan umumkan secara detail setelah jumlah fix-nya. Ini sedang kita finalisasi. Kemudian anggarannya juga kita laporkan," pungkas Anies. (X-15)

 

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...
MI/Ramdani

Tiga Bandar Ganja Dituntut Hukuman Mati

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:43 WIB
Tiga terdakwa bandar ganja 219 kilogram (kg) dituntut jaksa penuntut umum dengan pidana mati, dalam persidangan di Pengadilan Negeri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya