Jumat 01 Mei 2020, 19:59 WIB

Tips Agar Milenial Miliki Hunian Pribadi

Antara | Ekonomi
Tips Agar Milenial Miliki Hunian Pribadi

Antara
Suasana deretan unit apartemen di Jakarta, Senin (27/1).

 

BANYAK generasi milenial yang sudah memiliki penghasilan, namun tidak sedikit dari mereka yang belum memiliki properti baik rumah tapak (landed house) maupun apartemen.

Nyatanya, membeli tempat tinggal pribadi memang tidak mudah, dibutuhkan komitmen untuk tidak konsumtif.

Figur publik, Ida Ayu Dewi dalam diskusi daring yang diselenggarakan Perum Perumnas di Jakarta, Jumat (1/5), mengatakan bahwa langkah awal generasi milenial untuk membeli rumah yaitu harus mempunyai keuangan yang sehat. "Tentu saja kita harus menyiapkan tabungan, dan komitmen untuk tidak konsumtif," ujar Ida Ayu yang mengaku telah memiliki dua anak itu.

Ia mengatakan generasi milenial dapat memanfaatkan KPR dengan tenor panjang. Namun, memilih tenor pendek juga tidak masalah mengingat nilai gaji pekerja dapat terus bertambah ke depan.

Selanjutnya, ia menyampaikan, jika keuangan telah mencukupi cepat-cepatlah membeli properti karena harga properti setiap tahun mengalami kenaikan. "Jangan menunda-nunda, namun sesuaikan dengan kemampuan keuangan," katanya.

Ia tidak mempermasalahkan jika generasi milenial membeli rumah di pinggiran kota, yang patut diperhatikan adalah dekat dengan fasilitas transportasi, pendidikan, dan kesehatan.

Ia menambahkan jika memang harus tinggal di pusat kota disarankan untuk memilih apartemen. "Yang penting harganya terjangkau," ucapnya.

Kemudian, ia mengingatkan generasi milenial yang mencari tempat tinggal pribadi untuk memperhatikan developer propertinya. "BUMN seperti Perumnas terjamin, baik bangunan maupun lokasinya yang dekat dengan berbagai fasilitas," katanya. (OL-12)

Baca Juga

Ist/PGN

PGN Tandatangani Komitmen Kebijakan Penetapan Harga Gas

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:31 WIB
Penandatanganan Kesepakatan Implementasi Kepmen ESDM 89.K/ 2020 dengan pelanggan dilaksanakan di Auditorium Graha PGAS, Jakarta, Jumat...
Dok. MI

Kepercayaan Investor Membaik, Aliran Modal Asing Meningkat

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:19 WIB
Bank Indonesia mengungkapkan aliran modal asing yang masuk ke pasar SBN hingga akhir Mei tercatat Rp 7,01...
Antara

Lestarikan Keanekaragaman Hayati melalui Konservasi Sistematis

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:13 WIB
"Salah satu capaian keberhasilan Pemerintah Indonesia guna perlindungan keanekaragaman hayati melalui penurunan laju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya