Jumat 01 Mei 2020, 18:53 WIB

Ternyata Luhut Sudah Diperiksa Lebih Dulu Terkait Said Didu

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Ternyata Luhut Sudah Diperiksa Lebih Dulu Terkait Said Didu

Antara Foto/ SIGID KURNIAWAN
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sudah diperiksa di Bareskrim Mabes Polri terkait pelaporannya terhadap mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengacara Luhut, Arief Patramijaya.

Bahkan menurut Patra, sebelum memeriksa Luhut, penyidik terlebih dahulu memeriksa dirinya dan beberapa saksi. "Kan pertama saya dulu diperiksa, abis itu saksi-saksi diperiksa, abis itu baru Pak Luhut," kata Patra saat dihubungi, Jumat (1/5).

Menurutnya, pemeriksaan terhadap Luhut sudah dilakukan sejak pertengahan bulan April lalu, "Antara tanggal 15-18," ungkapnya. Saat itu, sambung Patra, Luhut dicecar dengan kurang lebih 24 pertanyaan.

Patra menyebut beberapa saksi pelapor yang telah diperiksa dalam kasus tersebut antara lain Staf Khusus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi dan Plt Deputi Investasi dan Pertambangan Kemenko Maritim dan Investasi Septian Hario Seto.

Diketahui, Luhut melaporkan Said Didu atas tindak pidana pencemaran nama baik dalam video yang diungkah di Youtube berjudul 'MSD: LUHUT HANYA PIKIRKAN UANG, UANG, DAN UANG'. Pelaporan terhadap Said Didu terdaftar dengan nomor LP/B/0187/IV/2020/Bareskrim, tanggal 8 April 2020.

Dalam laporan itu, Said Didu dipersangkakan dengan Pasal 45 Ayat (3) juncto Pasal 27 Ayat (3) Undang-undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ditambah lagi Pasal 14 Ayat (1), (2) dan atau Pasal 15 Undang-undang No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Said Didu sendiri dijadwalkan akan diperiksa penyidik pada Senin (4/5) mendatang. Hal tersebut tertuang dalam Surat Panggilan bernomor S.Pgl/64/IV/RES.1.14/2020/Dittipidsiber yang ditandatangani oleh Wakil Direktur Siber Bareskrim Mabes Polri Kombes Golkar Pangarso pada Selasa (28/4) lalu. (OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

Komnas HAM: Perpres Terorisme Tak Boleh Lampaui UU

👤Faustinus Nua 🕔Senin 25 Mei 2020, 19:33 WIB
"Perpres-kan turunan dari UU. Isinya tidak boleh melampaui UU yang memerintahkan adanya Perpres itu. Pelibatan militer harus dalam...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Langgar Aturan Asimilasi, 135 Napi Kembali Masuk Bui

👤Insi Nantika jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:28 WIB
"Total ada 135 narapidana asimilasi yang tertangkap kembali setelah mendapatkan kebijakan Kemenkumham akibat adanya...
Akun Facebook Ananda Naris

Soal Bendera Tiongkok Berkibar di Maluku Utara: False Context

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:31 WIB
False context adalah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya