Jumat 01 Mei 2020, 16:24 WIB

Berkebun di Rumah Kita

Farhan Zhuhri | Megapolitan
Berkebun di Rumah Kita

Dok Kebun Kumara
Kebun Kumara, lembaga pelatihan berkebun bagi kaum urban di Cilandak, Jakarta Selatan.

 

Berkebun bisa menjadi salah satu opsi seru ketika ruang gerak masih terbatas, tidak perlu berkecil hati jika tempat tinggal kita tak menyisakan lahan. Simak kiatnya dari Sarah Adipayanti dari Learning Coordinator Kebun Kumara, lembaga pelatihan berkebun bagi kaum urban di Cilandak, Jakarta Selatan.

"Berkebun juga relevan bagi orang-orang urban. Punya pot cabai, tomat, dan lainnya sudah cukup, setidaknya untuk memenuhi sebagian kebutuhan sayur, sehingga menciptakan ketahanan pangan sendiri. Manfaat lainnya, meredakan stres, terlebih dalam kondisi harus beraktivitas di rumah sepanjang hari," ujar Sarah yang juga menyediakan bibit serta jasa mendesain dan membangun konstruksi edible landscaping, taman sekaligus kebun pangan di rumah.

Sarah memaparkan aneka manfaat dari berkebun, mulai tubuh yang sehat karena aktif bergerak hingga memacu hormon yang membangun emosi positif. "Ketika mengolah media tanam, mengisi tanah ke pot, ataupun menyiram tumbuhan, kita bergerak dan produktif, mengimbangi jam-jam yang kita habiskan di depan gadget."

Di saat yang sama, berkebun bisa menjadi semacam terapi karena secara psikologis, di dalam tanah diyakini terdapat bakteri baik yang memacu timbulnya hormon serotonin. "Namanya Mycobacterium vaccae, itulah yang membuat berkebun itu bikin gembira, menjauhkan kita dari depresi karena terkurung di rumah. Di Jakarta, bisa banget kita tanam, cabai, daun bawang, tomat hingga daun seledri, bisa tumbuh kok,”ujarnya.

Namun yang terpenting, Sarah mengingatkan, agar tetap menyenangkan, harus dipahami bahwa kegiatan ini butuh proses, terkadang apa yang ditanam belum tentu langsung subur. "Jangan kecewa atau langsung menyerah jika nggak sesuai harapan, harus dicoba berulang kali, jangan putus asa!"

Inilah kiat-kiat yang dibagikan Instagram @kebunkumara, mari praktikan!

  1. Pastikan komponen dasar yang diperlukan, yaitu sinar matahari, air dan lokasi tanam.
  2. Libatkan keluarga untuk mendiskusikan jenis tanaman serta berbagi tugas.
  3. Siapkan media tanam, bisa menggunakan yang siap pakai
  4. Gunakan wadah-wadah bekas sebagai pot
  5. Ekplorasi dapur untuk mencari bibit, misalnya ambil biji cabai dan jemur hingga lima hari atau gunakan bagian batang daun bawang yang memiliki akar. (X-16)

 

Baca Juga

MI/Bary Fatahillah

Status PSBB Jakarta Belum Jelas, Warganet Riuh di Medsos

👤Imsi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 22:23 WIB
Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto meminta warga menunggu kabar resmi tersebut....
AFP

H-1 PSBB, 4.074 Perusahaan di DKI Masih Terapkan WFH

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:19 WIB
Sebanyak 4.074 perusahaan di DKI masih konsisten menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjelang H-1 masa...
Antara

DPRD : DKI Bakal Terapkan PSBB Transisi Selama 1 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:33 WIB
Skema PSBB transisi selama satu bulan dirancang dengan monitoring dan evaluasi yang ketat dihampir tiap aktivitas warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya