Jumat 01 Mei 2020, 16:22 WIB

Update per 1 Mei: 10.551 Positif Covid-19, 1.591 Pasien Sembuh

Nur Azizah | Humaniora
Update per 1 Mei: 10.551 Positif Covid-19, 1.591 Pasien Sembuh

ANTARA
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto

 

JUMLAH pasien positif korona (covid-19) di Indonesia terus bertambah. Hingga sore ini, jumlah pasien positif tembus hingga angka 10.551 orang. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

"Kasus positif bertambah 433 orang sehingga kasus positif hari ini 10.551 kasus," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Jumat (1/5).

Baca juga: Pandemik Covid-19 Peluang Unjuk Diri Guru Milenial

Yurianto merinci, dari total itu sebanyak 58% merupakan pasien laki-laki, dan 42% pasien perempuan. Adapun pasien sembuh meningkat menjadi 1.591 orang.

"Penambahan itu didapatkan dari kasus positif yang terkonfirmasi (sembuh) hari ini sebanyak 69 orang," tambah dia.

Adapun kasus kematian menjadi 800 orang. Bila dipresentasekan, pasien yang paling banyak meninggal ialah laki-laki dengan total maka 66% dan 34% perempuan.

Yurianto menyebut masih banyaknya kasus positif menunjukkan bahwa virus korona masih ada di tengah warga tanpa disadari.

"Ini menandakan bahwa proses penularan masih berlangsung terus-menerus di tengah masyarakat kita. Ini juga bisa kita maknai bahwa ada kasus positif yang masih berada di tengah-tengah kita," kata Yurianto.

Selain itu, banyak masyarakat yang masih abai dengan seruan jaga jarak. Ini terlihat dari angka penularan yang makin tinggi.

"Ada kontak dekat yang terjadi dengan kasus ini sehingga kemudian terjadi penularan dan memunculkan angka yang sakit jadi tinggi," ungkap dia.

Karena itu, Yurianto menekankan agar warga patuh dengan imbauan jaga jarak dan menerapkan etika batuk dan bersin. Ia juga meminta warga untuk tidak mudik lebaran tahun ini. (Medcom.id/OL-6)
 

Baca Juga

MI/ PERMANA

Sumi Yang Pesan Keberagaman melalui Metro Xin Wen

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 25 November 2020, 02:00 WIB
MASYARAKAT Indonesia yang majemuk, dengan banyak suku bangsa, agama, dan ras, menjadi tantangan yang harus selalu dijaga setiap...
Yoseph Pencawan

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

👤(PS/YP/H-3) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:45 WIB
PROSES penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) memasuki tahapan pemaparan program kerja,...
 ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

Wisata Berbasis Ekosistem Gambut

👤 (SS/H-1) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:35 WIB
JASA lingkungan, khususnya ekowisata, potensial untuk dikembangkan di ekosistem gambut dengan menyinergikan pengelolaan ekosistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya