Jumat 01 Mei 2020, 14:11 WIB

Hasil Panen Raya akan Tambal Defisit Komoditas Pangan di Daerah

mediaindonesia.com | Ekonomi
Hasil Panen Raya akan Tambal Defisit Komoditas Pangan di Daerah

Istimewa/Kementan
Panen raya padi di sejumlah daerah akan menutupi defisit pangan di daerah lain.

 

MASA panen raya yang mulai berlangsung di Indonesia dinilai bakal dapat menutupi kelangkaan ketersediaan pangan di beberapa daerah saat situasi pandemi wabah virus korona atau Covid-19 seperti sekarang.

"Dengan syarat, pemerintah daerah juga membantu pusat untuk melaporkan dan berkoordinasi apa saja stok bahan pangan yang mengalami kekurangan. Sehingga bisa diprioritaskan ke daerah itu dulu," ujar pengamat pertanian Univesitas Islam Riau, Ujang Paman Ismail, Kamis (30/4).

Menurut Ujang, pemerintah pusat memang berkewajiban memantau stok bahan pangan di seluruh daerah. Hal itu akan makin menguat bila pihak pemerintah daerah juga memonitor kondisi wilayahnya sendiri.

"Ada sinergi antar-keduanya (pemerintah pusat dan daerah). Sehingga datanya tidak kecolongan di mana dan komoditas pangan apa saja yang defisit. Apalagi sekarang kan sudah panen raya," ucap Ujang.

Ujang berpendapat, terpenting saat ini adalah segera mendistrisbusikan hasil panen raya ke daerah yang kekurangan bahan pangan. Dengan begitu, jaminan amannya stok pangan memang benar terealisasi.

Beberapa waktu lalu diketahui Presiden Jokowi pada rapat terbatas yang diselenggarakan virtual, Selasa (28/4), mengungkapkan bahwa dari laporan diterimanya ternyata ada beberapa daerah defisit komoditas pangan.

Menurut laporan tersebut yang disampaikan ke Presiden Jokowia, stok bahan pangan yang mengalami defisit antara lain stok beras, jagung, aneka cabai, bawang merah serta gula.

Presiden Jokowi pun meminta segera dilaksanakannya pendistribusian yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dari daerah surplus komoditas ke wilayah mengalami defisit. (OL-09)

Baca Juga

Istimewa

Moeldoko dan Fadli Zon Sepakat Akhiri Dualisme HKTI

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 22:05 WIB
Kedua pimpinan HKTI ini melihat kesejahteraan petani dan pertanian menjadi tugas bersama dan keduanya sepakat menyisihkan konflik yang...
Istimewa

Kemenaker Apresiasi Bantuan Kesehatan untuk Pekerja Migran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Mei 2020, 22:04 WIB
Para mantan pekerja migran merupakan kelompok yang turut terdampak pandemi covid-19). Sampai saat ini sekitar 70 ribu pekerja migran harus...
Antara/Nova Wahyudi

Ini Yang Disampaikan Menko Airlangga ke DPR Soal Kenormalan Baru

👤M Ilham Ramadhan 🕔Kamis 28 Mei 2020, 21:35 WIB
Data yang tersaji menunjukkan beberapa daerah yang telah siap untuk menerapkan new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya