Jumat 01 Mei 2020, 13:45 WIB

8 Sekolah di Kebon Baru Jaksel Jadi Tempat Isolasi Pasien Korona

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
8 Sekolah di Kebon Baru Jaksel Jadi Tempat Isolasi Pasien Korona

ANTARA/Nova Wahyudi
Ilustrasi--sekolah di DKI Jakarta

 

DELAPAN sekolah di Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan ditunjuk menjadi tempat isolasi sementara bagi warga yang terindikasi Covid-19. Lurah Kebon Baru, Fadhilah Nursehati, membenarkan bahwa keputusan tersebut berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Itu sesuai arahan pimpinan saja. Kami disuruh siapkan ruang isolasi sementara. Digunakan ruang kelas dari sekolah itu," ungkap Fadhilah saat dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Jumat (1/5).

Baca juga: Nekat Mau Mudik ke Brebes, Pemudik Mengumpet di Bak Truk

Adapun 8 sekolah yang ditunjuk ialah TK Negeri 01, SDN 05 Kebon Baru, SDN 07 Kebon Baru, SDN 10 Kebon Baru, SDN 09 Kebon Baru, SDN 011 Kebon Baru, SMP 265, dan SMAN 37 Jakarta.

Fadhilah mengaku tempat di Kebon Baru terbatas untuk memfasilitasi warga yang ingin isolasi. Menurutnya, karena saat ini sekolah-sekolah di Jakarta libur, maka tidak salah ruang kelas dimanfaatkan.

"Kalau ada warga yang harus isolasi di rumah tapi enggak ada tempat, kita siapin ruanganya. Karena tempat di Kebon Baru terbatas. Tidak semua ruangan kelas dipakai juga," kata Fadhilah.

Ia mengaku dalam penunjukan 8 sekolah tersebut sudah mengantongi prosedur tetap (protap) dan protokol kesehatan Covid-19. Setelah digunakan, ruangan tersebut bakal disemprot cairan disinfekatan dan mengikuti prosedur pencegahan lainnya. 

Atas pemilihan sekolah tersebut juga menuai respons dari warga Kebon Baru.

"Warga ada yang khawatir tapi kita sudah kasih pengertian. Alhamdulillah warganya bisa dikasih pengertian, dibantu RT RW juga. Ini kan kami jaga-jaga, harapannya tidak ada yang gunakan ruang sekolah. Itu jadi opsi terakhir saja," pungkas Fadhilah.

Penunjukan sekolah tersebut tertuang dalam surat permohonan Lurah Kebon Baru Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus 2019 (Covid-19) Tingkat Rukun Warga (RW) Kelurahan Kebon Baru, nomor 195/-1.772.1 perihal peminjaman ruang sekolah.

"Kami mohon sekolah-sekolah yang berada di lingkungan Kelurahan Kebon Baru dapat membantu meminjamkan ruang-ruang kelas di sekolah untuk dijadikan Rumah Isolasi Bersama," sebut Fadhilah sesuai isi keputusan tersebut. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya