Jumat 01 Mei 2020, 11:08 WIB

NasDem Tolak Sekolah Jadi Tempat Isolasi karena Bikin Warga Resah

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
NasDem Tolak Sekolah Jadi Tempat Isolasi karena Bikin Warga Resah

ANTARA/M Risyal Hidayat
Seorang karyawan memeriksa ruangan tempat tinggal di SMK Negeri 27 Jakarta yang akan digunakan untuk isolasi pasien covid-19.

 

KETUA Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino menyatakan menolak usulan sekolah dijadikan tempat karantina pasien terinfeksi virus korona (covid-19). Menurutnya, hal itu bisa meresahkan masyarakat.

"Bisa menimbulkan trauma tersendiri. Selain itu, letak sekolah yang berdekatan dengan lingkungan warga menjadi polemik dan ketakutan tersendiri bagi masyarakat," terang Wibi dalam keterangan resmi, Jumat (1/5).

Keresahan masyarakat bakal tertular korona, ungkap Wibi, akan meningkat jika sekolah dijadikan tempat isolasi. Pasalnya, tidak ada sekolah yang letaknya berjauhan dari permukiman. Wibi meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengganti atau mencari tempat lain.

Baca juga: DPRD : Tidak Sembarang Sekolah Bisa Jadi Tempat Isolasi

"Masih banyak gedung lain di Jakarta untuk mengisolasi pasien terinfeksi virus korona. Syaratnya, fasilitas itu harus jauh dari masyarakat," tutur Wibi.

Pemprov diminta tidak hanya memikirkan pasien terinfeksi virus korona saja. Psikologi masyarakat pun perlu diperhatikan.

Pemprov DKI, kata dia, harus mempelajari cara negara lain melakukan langkah serupa. Pembelajaran itu diperlukan untuk mengatur strategi penanganan virus korona di Jakarta.

"Harusnya kajian dan pencarian akan lokasi yang tepat untuk orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif ini jauh lebih bijak," pungkas Wibi. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya