Jumat 01 Mei 2020, 10:47 WIB

Pemprov DKI akan Bagikan 20 Juta Masker Kain

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI akan Bagikan 20 Juta Masker Kain

MI/ANDRI WIDIYANTO
Seorang petugas menunjukkan masker kain yang akan dibagikan Pemprov DKI Jakarta kepada warga secara gratis.

 

PEMPROV DKI Jakarta akan membagikan 20 juta lembar masker kain secara gratis kepada warga. Dari akun Instagram resmi Pemprov DKI, seperti dilihat Media Indonesia, pada foto yang diunggah hari ini, Jumat (1/5), diketahui pembagian akan dilakukan secara bertahap setiap akhir pekan.

Pembagian dijadwalkan pada 29 April sebanyak 1,5 juta masker, 2 Mei sebanyak 8,5 juta masker, 16 Mei sebanyak 5 juta masker, dan terakhir 23 Mei sebanyak 5 juta masker.

Distribusi dilakukan dengan mempertimbangkan pemerataan di tiap kecamatan, jumlah penduduk per-RT, dan kepadatan penduduk kelurahan sesuai data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga: Warga Berkelahi Akibat Bansos, Cermin Buruknya Penyaluran di DKI

Masker kain dikirimkan ke tiap kelurahan dengan paket untuk tiap RT. Lurah kemudian mendistribusikan pada RT yang kemudian menyalurkan pada warga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan setiap orang akan menerima satu bungkus masker berisi dua lembar masker.

"Nanti setiap orang akan menerima satu paket plastik begini yang berisi dua masker. Jadi seluruh penduduk Jakarta akan mendapatkan dua masker kain yang wajib digunakan kalau meninggalkan rumah,” ungkap Anies.

Anies menyatakan, saat ini, sudah diproduksi 1,5 juta masker kain di gudang PD Pasar Jaya yang mulai dilakukan pengemasan dan siap didistribusikan pada hari ini juga.

Ia juga berharap proses produksi, hingga distribusi segera tuntas sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan masker kain tersebut dengan baik.

“Jadi harapannya, seluruh penduduk kita bersama-sama secara kolektif mencegah penularan covid-19 dengan cara menggunakan masker ini. Ini diberikan secara cuma-cuma, jadi tidak perlu membayar. Ini disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dan ini akan diwajibkan bahwa semua orang menggunakan masker kalau keluar rumah,” ucapnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/RAMDANI

TKD PNS DKI Jakarta Dipangkas 50%

👤Cindy Ang 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:16 WIB
Namun, aturan ini dikecualikan untuk mereka yang terlibat langsung dalam penanganan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Permohonan SIKM Naik 17 Ribu, DKI: Banyak Warga Salah Paham

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:29 WIB
Benni menuturkan pihaknya masih menemukan banyak permohonan SIKM yang diajukan di luar ketentuan yang sudah ditetapkan dalam peraturan yang...
ANTARA/Wahyu Putro A

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa di Jakart

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:55 WIB
Daerah yang patut diwaspadai terjadi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang itu yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya