Jumat 01 Mei 2020, 12:15 WIB

Sempat Diisolasi, 53 Tenaga Kesehatan RSUP Sardjito Negatif

Agus Utantoro | Nusantara
Sempat Diisolasi, 53 Tenaga Kesehatan RSUP Sardjito Negatif

MI/Agus Utantoro
Aktivitas di RSUP Dr Sardjito

 

KEPALA Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan menyatakan hasil swab 53 tenaga kesehatan rumah sakit tersebut  dinyatakan negatif covid-19.

"Swab itu sendiri dilakukan pada Senin dan Selasa lalu," kata Banu, Jumat (1/5).

Melalui rilis tertulis, Banu mengatakan, dengan hasil negatif tersebut, ke-53 tenaga kesehatan RSUP Dr Sardjito yang sebelumnya menjalani  isolasi dapat kembali beraktivitas melayani pasien.

Baca juga: Terdampak Covid-19, Pekerja Harian Lepas Klaten Dapat Sembako

"Dengan hasil swab negatif tersebut, maka sejumlah tenaga medis yang sebelumnya dirumahkan, saat ini sudah kembali beraktivitas melakukan pengabdian melayani masyarakat di rumah sakit," kata Banu.

Sebelumnya, ke-53 tenaga kesehatan, mulai dari dokter, perawat, pramuhusada, hingga petugas kebersihan (cleaning service), harus menjalani swab dan isolasi setelah kontak dengan pasien positif covid-19 yang tidak jujur.

"Mereka ini sebenarnya bukan tenaga kesehatan yang bersinggungan dengan penanganan pasien covid-19," jelas Banu.

Pasien dengan keluhan non-covid-19 yang dirawat inap di salah satu instalasi di RSUP Dr Sardjito ini saat pertama masuk, petugas tim medis telah melakukan rapid tes. Terhadap rapid tes tersebut menunjukkan hasil negatif.

Dalam perawatan tersebut, pasien ini ditunggu oleh suaminya.

"Setelah beberapa hari menjalani perawatan inap, anak pasien bercerita bahwa bapaknya yang selama ini menunggui ibunya (pasien) masuk ke salah satu rumah sakit di Sleman dengan rapid dan swab positif covid-19," jelas Banu.

Selanjutnya kata Banu, pasien yang di RSUP Dr Sardjito, dilakukan rapid tes kedua dengan hasil reaktif dan selanjutnya rumah sakit melakukan swab yang hasilnya positif covid-19.

"Hasil itu keluar pada Kamis (23/4) dan langsung dipindahkan ke ruang perawatan isolasi covid-19," ujarnya.

Dari penelusuran informasi lebih lanjut kepada pasien dan keluarga, didapatkan keterangan bahwa suami pasien sempat satu mobil dengan pasien positif sebelumnya di DIY.

Saat ini  jelas Banu, kondisi pasien tersebut telah membaik dan bahkan tidak lagi menunjukkan adanya gejala covid-19 dan hasil swab kedua dinyatakan negatif.

"Pasien tersebut tinggal menunggu hasil tes swab berikutnya, semoga saja hasilnya negatif," kata Banu. (OL-1)

Baca Juga

Dok MI

Waspada Tinggi Gelombang di Jateng dan DIY Capai 6 Meter

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:05 WIB
CUACA buruk melanda Samudra Hindia di sebelah selatan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Ketinggian gelombang...
MI/Solmi

Sokong Paramedis Gubernur Jambi Bagikan Bingkisan Lebaran

👤Solmi 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:55 WIB
MENYEMANGATI paramedis yang bertugas saat Idul Fitri 1441 Hijriah di RSUD Raden Mattaher, Gubernur Jambi Fachrori Umar datang menyambangi...
MI/Gabriel Langga

8 Remaja Dihukum Angkat Satu Kaki Usai Tertangkap Pesta Miras

👤Gabriel Langga 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:16 WIB
Ada delapan remaja yang berhasil diamankan. Mereka yang tertangkap miras itu langsung dihukum angkat satu kaki oleh aparat keamanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya