Jumat 01 Mei 2020, 09:44 WIB

Kapal Rumah Sakit AS Tinggalkan New York

Nur Aivanni | Internasional
Kapal Rumah Sakit AS Tinggalkan New York

AFP/TIMOTHY A CLARY
Kapal rumah sakit USNS Comfort melintas di bawah jembatan Verrazzano-Narrows saat meninggalkan New York setelah membantu penanganan covid-19

 

KAPAL rumah sakit Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USNS Comfort, bertolak meninggalkan pelabuhan New York, Kamis (30/4). Kapal tersebut telah sebulan berada di New York untuk membantu meringankan beban rumah sakit akibat wabah covid-19.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (1/5), kapal Angkatan Laut yang memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur itu kembali ke pangkalannya di Norfolk, Virginia.

Kapal tersebut adalah simbol harapan ketika tiba pada 30 Maret untuk membantu sistem perawatan kesehatan di New York di tengah pandemi.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Trump Ancam Tiongkok dengan Tarif Baru

Selama sebulan terakhir, kasus-kasus yang dikonfirmasi di New York telah berkurang dan sekarang hanya memiliki sekitar 12 ribu pasien rawat inap.

Komandan Komando Utara AS Terrence O'Shaughnessy mengatakan keberangkatan kapal tersebut adalah tanda bahwa kondisi di New York membaik.

Ia pun mengatakan masih ada lebih dari 680 personel kesehatan militer yang dikerahkan di rumah sakit dan tempat lainnya.

Komisaris Kesehatan New York City Deanne Criswell mengatakan dia masih akan meninjau apakah Comfort diperlukan atau tidak untuk tanggap covid-19.

New York City telah menderita sekitar 13 ribu kematian akibat pandemi virus korona.

Dikutip dari USA Today, kapal tersebut awalnya dikerahkan untuk membantu pasien non-covid. Tetapi kemudian, kapal tersebut mulai membantu pasien virus virus korona. (OL-1)

Baca Juga

AFP/WILLIAM WEST

Hamilton Kembali Bersuara Terkait Kasus Rasial George Floyd

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:45 WIB
Sikap pemerintah dan penegak hukum di Amerika Serikat benar-benar membikin juara Formula Satu Lewis Hamilton...
Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Demonstran di AS Langgar Aturan Jam Malam

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:25 WIB
Pada hari kedelapan berlangsungnya aksi demonstrasi, kampung halaman Floyd di Houston mengadakan pawai peringatan yang menarik puluhan ribu...
AFP/TED ALJIBE

Covid-19 Filipina Naik Menjadi 19.748 dengan 751 Infeksi Baru

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:10 WIB
Jumlah kasus virus covid-19 di Filipina melonjak menjadi 19.748 setelah Departemen Kesehatan (DOH) melaporkan adanya 751 tambahan infeksi,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya