Kamis 30 April 2020, 22:55 WIB

Pasien Diharap Terbuka Soal Riwayat Kesehatan

Ardi Teristi | Nusantara
Pasien Diharap Terbuka Soal Riwayat Kesehatan

DOK MI
Ilustrasi

 

PARA pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit diminta terbuka soal riwayat kesehatan mereka. Hal ini diperlukan agar petugas medis bisa melakukan antisipasi kemungkinan penularan virus korona (Covid-19)        

"Kalau pasien punya riwayat dari daerah merah dan pernah berinteraksi dengan pasien positif, sejak awal memberitahu (kepada dokter atau petugas di fasilitas kesehatan)," kata dia, Kamis (30/4).

Sejak datang ke fasilitas kesehatan, lanjut Baskara, si pasien harus menyampaikan kepada petugas yang ditemui dan tentu saja dengan mengenakan masker. "Dengan cara itu, mereka tidak akan menulari tenaga medis ataupun orang lain. Perawatan terhadap pasien pun bisa lebih maksimal," jelasnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menjelaskan ada seorang pasien yang dirawat di RSUP Sardjito selama beberapa hari dan ditunggui  suaminya. Saat itu, pasien dirawat wajar laiknya pasien biasa, bukan Covid-19.

Namun, beberapa hari kemudian, sang suami ternyata dinyatakan positif Covid-19. Setelah dites swab, sang istri juga positif Covid-19 lalu dipindahkan ke ruang isolasi.

Alhasil, 53 orang di RSUP Sardjito menjalani tes swab. Sebanyak 41 orang dinyatakan negatif, sedangkan 12 yang lain masih menunggu hasil. (R-1)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Kabupaten Aceh Jaya Memasuki Mulai Terapkan Kenormalan Baru

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:10 WIB
Darurat covid-19 di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dinyatakan berakhir pada Sabtu (30/5). Artinya kawasan berjuluk Meureuhom Daya itu...
MI/Martinus Solo

ODP dan OTG di Kabupaten Raja Ampat Bertambah

👤Martinus Solo 🕔Minggu 31 Mei 2020, 06:25 WIB
Ada 10 ODP baru dan 3 OTG baru dari wilayah Puskesmas Waisai Kabupaten Raja...
DOK MI

Enam Kecamatan di Sukabumi Lanjutkan PSBB Parsial

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 31 Mei 2020, 03:10 WIB
Hasil evaluasi pelaksanaan PSBB parsial tahap kedua yang dilakukan Pemprov Jabar, Kabupaten Sukabumi masih dikategorikan sebagai zona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya