Kamis 30 April 2020, 20:01 WIB

Glutathione, Pencerah Kulit yang juga Penguat Imun

Mediaindonesia.com | Weekend
Glutathione, Pencerah Kulit yang juga Penguat Imun

Istimewa
Glutathione, Pencerah Kulit yang juga Penguat Imun.

KULIT sejatinya merupakan organ yang menjadi benteng pertama pertahanan tubuh dari serangan berbagai kuman dan zat berbahaya lainnya. Menurut dermatologist dr Shannaz Nadia Yusharyahya SpKK (K), penting bagi kita untuk mengupayakan agar kulit kita sehat agar bisa berfungsi optimal. Selain itu, kondisi kulit yang sehat tentu akan menunjang penampilan.

Ia menjelaskan, secara umum, ciri-ciri kulit yang sehat ialah memiliki tone yang cerah dan merata, bebas noda, kencang, lembut dan lembap, halus, serta kenyal. “Masalah umum yang dialami banyak wanita di Indonesia adalah ada bagian kulit yang terlihat lebih gelap, atau vlek kecoklatan/hiperpigmentasi. Kondisi kulit ini yang seringkali mengganggu penampilan bahkan mengurangi percaya diri,” ujar dr Nadia terkait peluncuran rangkaian produk perawatan kulit Natur-E White.

Untuk mengatasinya, dr Nadia menyarankan untuk menggunakan cara dan bahan perawatan yang aman serta efektif. Menurutnya, bahan-bahan alami seperti glutathione dapat membantu menghambat proses pembentukan melanin si pemicu warna gelap di kulit. “Glutathione berfungsi menghambat eumelanin (zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap), menjadi pheomelanin (kulit yang lebih cerah),” terangnya.

Selain glutathione, ekstrak olive (zaitun) juga bermanfaat mencerahkan kulit. Sebab, ekstrak zaitun mengandung hydroxytyrosol yang membantu meningkatkan glutathione dalam tubuh, juga membantu menghambat pembentukan melanin. Zat lain, yakni vitamin E juga penting untuk kesehatan kulit karena berfungsi menangkal radikal bebas si perusak sel kulit. 

Senada dengan dr Nadia, Brand Manager Natur-E, Sri Annisa Shaliyasih, menjelaskan, glutathione merupakan antioksidan alami yang dibentuk di dalam tubuh dan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Seiring dengan bertambahnya umur, kemampuan tubuh untuk memproduksi glutathione semakin berkurang, sehingga dapat mengurangi tingkat kecerahan kulit. Karena itulah, dalam inovasi pembuatan produk perawatan kulit, pihaknya menggunakan glutathione, ekstrak olive, vitamin E, serta bahan alami lainnya. “Riset yang kami lakukan menunjukkan zat-zat tersebut secara klinis terbukti menghasilkan perbedaan yang terlihat di kondisi kulit setelah pemakaian rutin,” katanya.

Dokter Michael Reo, Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, menambahkan, glutathione juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Ia menjelaskan, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan optimal ketika sel lymphoid mempunyai kadar keseimbangan glutathione yang cukup. Sedikit saja perubahan pada kadar glutathione dapat memberikan efek yang signifikan dalam fungsi kerja limfosit. 

“Oleh karena itu, glutathione sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk dua alasan utama, yaitu melindungi sel-sel imunitas melalui mekanisme antioksidannya, serta memberikan fungsi yang optimal pada limfosit dan sel-sel kekebalan tubuh yang lain,” pungkasnya. (RO/A-3)

Baca Juga

ALERIE MACON / AFP

Sejumlah Museum Terancam Tutup Permanen Pasca Pandemi Covid-19

👤Fathurrozak 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:22 WIB
UNESCO dan ICOM memprediksi museum-museum yang berada di Afrika, Asia, dan negara-negara Arab lebih berisiko tutup daripada museum di Eropa...
Juni Kriswanto / AFP

Kesembuhan Nenek asal Jatim dari Covid 19 Viral di Luar Negeri

👤Adiyanto 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:00 WIB
Siti Aminah, menantu Kamtim menyatakan, kesembuhan mertuanya lantaran dia disiplin dan bersemangat selama...
Dok. Pribadi

Bidasan Bahasa Normal Baru

👤Suprianto Annaf Redaktur Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:55 WIB
Masyarakat kenormalan baru berperilaku hidup lebih sehat. Bukan individualistis, koruptif, sekuler, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya