Kamis 30 April 2020, 16:00 WIB

Covid--19 Ikut Berdampak ke Bisnis Jasa Konsultasi

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Covid--19 Ikut Berdampak ke Bisnis Jasa Konsultasi

Dok. Inkindo DKi Jakarta
Web conference Inkindo DKi Jakarta soal dampak covid-19 di bisnis jasa konsultasi

 

PANDEMI glovbal covid-19 ikut berimbas pada bisnis jasa konsultasi, baik jasa konsultansi konstruksi maupun non konstruksi. Hal itu akibat pengurangan anggaran proyek jasa konsultansi.

Ketua Ikatan Nasional konsultan Indonesia (Inkindo) DKI Jakarta Imam hartawan menyebut situasi saat ini menimbulkan ketidakpastian dalam berusaha untuk jasa konsultasi,

Imam mengaku sejak diberlakukannya darurat Covid-19 usaha jasa konsultansi menghadapi berbagai permasalahan, antara lain ketidakpastian pelaksanaan proyek-proyek yang sedang berjalan. Lalu proses pengadaan barang dan jasa terhambat, bahkan beberapa proyek ditunda karena refocusing anggaran.

“Lalu proses pelaksanaan PSBB di wilayah Jabodetabek sehingga tidak memungkinkan dilaksanakannya kegiatan perkantoran secara optimal. Terakhir penundaan pencairan termin proyek,” ujarnya dalam konferensi vrtual bertajuk “Tantangan dan Solusi Usaha Jasa Konsultansi Menghadapi Darurat Covid 19seperti dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun kondisi saat ini cukup berat dirasakan, Inkindo DKI Jakarta akan terus berpartisipasi membantu pemerintah dalam menangani penyebaran wabah Covid-19. 

Sebelumnya pada 3 April lalu, DPP INKINDO DKI Jakarta telah menghimpun donasi dari para anggota dan kas organisasi, dan meyalurkan sumbangan kepada Satgas Covid-19 Pemprov DKI dalam bentuk bahan disinfektan dan bahan pangan berupa beras, telor dan mi instan.

Inkindo DKi Jakarta juga telah mendistribusikan 5.000 liter lebih bahan disinfektan kepada para anggota, tempat ibadah dan lingkungan RT dan RW di Jakarta dan sekitarnya. 

Baca juga : Tertekan Pandemi, Produk Perikanan Perlu Diserap BUMN

Imam menegaskan, pihaknya siap menjadi mitra strategis Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19.

Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta yang juga sebagai Wakil ketua Umum Kadin DKI Jakarta Bidang Jasa Konsultansi aktif berkontribusi dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kadin DKI Jakarta untuk mendukung Satgas Covid 19 Pemprov DKI Jakarta.

Di sisi lain, Imm mengungkapkan, sesuai dengan UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, Jasa Konsultansi Konstruksi adalah merupakan bagian dari Jasa Konstruksi. Sesuai dengan Pergub DKI Jakarta No 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Dalam Penanganan Covid 19, Jasa Konstruksi merupakan salah satu sektor yang dikecualikan dari penghentian sementara aktivitas bekerja di tempat kerja/kantor. 

Namun dalam melaksanakan kegiatan di tempat kerja harus mengikuti protokol yang telah ditetapkan dalam pencegahan Covid 19. Berkaitan dengan hal tersebut, DPP INKINDO DKI Jakarta telah bersurat kepada Polda Metro Jaya tentang permohonan izin pelaksanaan kegiatan-kegiatan di kantor konsultan yang sesuai PSBB di DKI Jakarta.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BappenasTaufik Hanafi menegaskan sasaran dan target pembangunan terus dimonitor dan review mengikuti perkembangan terkini tentang penanganan dan pemulihan dampak Covid-19. 

“Untuk itu perlu penguatan peran jasa konsultan non-kontruksi karena konsultan sebagai aktor pembangunan dan sumber daya pembangunan. Sementara stakeholders dalam penguatan jasa konsultasi, pihak yang terlibat adalah Bappenas, Kementerian/Lembaga, daerah, perguruan tinggi dan asosiasi-asosiasi,” urai dia.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Roni Dwi Susanto mengatakan strategi pengadaan dalam penanganan keadaan drarurat wabah Covid-19 ini uapaya terbaik mencapai tujuan pengadaan dengan optimalkan mitigasi risiko yang memperhatikan aspek regulasi, justifikasi dan data dukung/dokumentasi berlandaskan prinsip dan etika pengadaan. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. PTPP

PTPP Catatkan Laba Bersih Rp1,2 Triliun di 2019

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:34 WIB
Pembagian dividen tunai (dividend payout ratio) sebesar 22,5% dari laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk setara...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Gubernur BI Bantah Tudingan Dana Haji Dipakai Perkuat Rupiah

👤Antara 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:39 WIB
Perry Warjiyo menampik soal dana haji sebesar 600 juta dolar AS yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) digunakan untuk...
Antara

Fase Kenormalan Baru Bakal Menggerus Tenaga Kerja

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:25 WIB
JELANG memasuki fase new normal atau kenormalan baru korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau yang di rumahkan resah. Mereka kawatir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya