Kamis 30 April 2020, 18:00 WIB

PT Hutama Karya Simulasi Penanganan Covid-19

Antara | Nusantara
PT Hutama Karya Simulasi Penanganan Covid-19

Antara
Simulasi petugas medis PT Hutama Karya mengevakuasi seorang pengguna jalan tol.

 

PT Hutama Karya selaku operator jalan tol Medan-Binjai berperan aktif melakukan penanganan pencegahan Covid-19 lewat simulasi bagi pengguna jalan tol yang diduga terpapar virus Covid-19.

Kepala Bagian Operasi Ruas Jalan Tol Medan-Binjai PT Hutama Karya Bhaskoro Rindargo di Medan, Kamis (30/4), mengatakan simulasi tersebut sebagai bentuk dukungan dan tindak lanjut dari upaya pemerintah dalam menangani Covid-19.

Kegiatan simulasi tersebut juga sebagai kesiapsiagaan petugas jalan tol dalam tanggap darurat terhadap kemungkinan terjadinya kondisi pengguna jalan tol yang mengalami gejala sakit sehingga perlu penanganan segera.

"Selain untuk membantu pemerintah, ini menjadi latihan penanganan bagi petugas kami jika kemudian hari mendapati adanya pengguna jalan tol yang mengalami keadaan darurat terpapar virus Corona," katanya.

Kegiatan simulasi yang dilakukan di ruas jalan tol Medan - Binjai dari arah Marelan menuju gerbang tol Helvetia itu melibatkan 11 petugas yang terdiri atasi PJR kepolisian, senkom, lalu lintas, mobil derek, patroli serta petugas medis yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pelaksanaan simulasi dimulai dengan adanya informasi pengguna tol yang menghubungi petugas jalan tol untuk melakukan evakuasi seorang yang mengalami sesak nafas gejala Covid-19.

Selanjutnya operator mengirimkan mobil patroli untuk melakukan perambuan sebelum petugas medis mengevakluasi pasien ke rumah sakit rujukan hingga penyemprotan disinfektan.

"Mengingat, kota Medan berada dilokasi di zona merah dan jalan tol menjadi perlintasan antarkendaraan baik dari Medan ke Aceh maupun sebaliknya sehingga jalan tol Medan-Binjai perlu kita gelar simulasi antisipasi Covid-19," katanya.

Bhaskoro mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol tidak perlu panik apabila ada mengalami kendala gejala di perjalanan karena petugasnya akan siap membantu dalam menangani pasien dalam keadaan darurat. (OL-12)

 

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...
MI/Tosiani

Membuat Hantaran Jadi Peluang Bisnis Baru di Temanggung

👤Tosiani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:47 WIB
Di tengah lesu bisnis di Kabupaten Temanggung akibat covid-19, kini para pelaku UMKM menggeluti bisnis membuat hantaran untuk...
Ilustrasi

Akumulatif Pasien Positif Covid-19 di Klaten 1.648 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 06:23 WIB
Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus bertambah. Hingga saat ini jumlah akumulatif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya